Baghdad Bounedjah merayakan golnya ke gawang Senegal. (Foto: Twitter/@CAF_Online)

Ini 6 Torehan Aljazair Setelah Menjuarai Piala Afrika 2019

Dunia 20 July 2019 05:34 WIB

Timnas Aljazair meraih kemenangan 1-0 atas Senegal di final Piala Afrika 2019. Kemenangan ini mengantarkan Si Hijau menjadi kampiun turnamen terbesar di Benua Hitam. Sebuah torehan manis dari tim yang sebelumnya tak difavoritkan sebagai calon juara.  

Namun perjalanan mereka sampai ke final berbicara banyak tentang kepantasan mereka mengangkat supremasi tertinggi di Benua Afrika tersebut.

Lantas apa saja catatan apik yang mengiringi perjalanan tim besutan Djamel Belmadi di gelaran ini, dan apa saja rekor yang mereka ukir di gelaran tersebut? Ini catatan Ngopibareng.id tentang Aljazair:

1.Gelar ini menjadi capaian tertinggi kedua Aljazair di Piala Afrika. Pertama kali mereka mengangkat trofi Piala Afrika terjadi pada edisi 1990. Saat itu di final mereka mengalahkan Nigeria.

2.Ada kesamaan skor kemenangan saat mereka menjuarai turnamen ini untuk pertama kalinya dengan hasil yang mereka capai lawan Senegal. Keduanya sama-sama dimenangi Aljazair dengan skor 1-0.

3.Aljazair menorehkan hasil sempurna di sepanjang Piala Afrika 2019. Bukan hanya tak terkalahkan, mereka juga tak pernah meraih hasil imbang. Semua laga sejak babak penyisihan hingga final berhasil mereka sapu bersih dengan kemenangan.

4.Kemenangan 1-0 Aljazair atas Senegal di final kali ini menjadi kemenangan kedua mereka atas Senegal. Di babak penyisihan, mereka juga sukses mengalahkan Singa Teranga dengan hasil identik, 1-0.

5.Si Hijau memperpanjang rekor kemenangan atas Senegal dalam enam pertemuan terakhir menjadi keempat kalinya. Dua laga lainnya berakhir dengan sekali imbang dan sekali kalah.

6.Pelatih Aljazair Djamel Belmadi menjadi pelatih lokal kedua Aljazair yang berhasil mengangkat trofi Piala Afrika 2019. Pelatih pertama Aljazair yang berhasil menjuarai turnamen ini adalah Abdelhamid Kermali.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Mar 2020 01:21 WIB

Terinfeksi Corona, Warga Negara Italia Dideportasi dari Aljazair

Internasional

Seorang warga negara Italia dideportasi dari Aljazair.

13 Nov 2019 08:44 WIB

Salah Jadi Penonton Saat Mesir Jalani Kualifikasi Piala Afrika

Dunia

Salah absen ketika Mesir bertemu Kenya dan Komoros

23 Sep 2019 19:13 WIB

Liverpool Membuat Sejarah Ketika Kalahkan Chelsea

Liga Inggris

Liverpool tim pertama yang mengukir enam kemenangan beruntun dalam dua musim

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...