Ini 4 Cara Simpel Atasi Cegukan Saat Berpuasa

12 Jun 2018 18:08

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Setiap orang tentu pernah mengalami cegukan. Meski tak berbahaya, namun cegukan bisa jadi hal yang sangat mengganggu. Terlebih lagi, ketika kamu mengalami cegukan saat berpuasa yang tak memungkinkan kamu untuk segera minum air putih saat mengalaminya.

Berbagai hal bisa jadi penyebab timbulnya cegukan, diantaranya seperti sahur dengan jumlah yang banyak, makan terlalu cepat, minum bersoda, hingga perubahan suhu yang mendadak.

Cegukan juga bisa tiba-tiba muncul saat otak bereaksi terhadap emosi tertentu, misalnya saja ketika kamu sedang stres, gugup, cemas, atau terlalu bersemangat.

Meski dapat hilang dengan sendirinya tapa dilakukan pengobatan apapun, namun cegukan dengan waktu yang lama bisa membuat kamu tentu tida betah dan membuat otot-otot diafragma terasa nyeri.

Nah, untuk mengatasinya tanpa air putih, berikut empat cara simpel menghilangkan cegukan saat berpuasa seperti dilansir dari Hello Sehat.

1. Menahan napas

Caranya, ambil napas dalam dengan hidungmu, kemudian tahan napas selama kira-kira sepuluh detik. Lalu hembuskan nafas perlahan dan ulangi lagi sampai tiga atau empat kali, ulangi setiap dua puluh menit bila cegukan belum hilang.

2. Bernapas dalam kantong kertas

Kamu juga bisa mencoba untuk menyiapkan kantong kertas kosong yang cukup kuat. Tempelkan leher kantong kertas ke mulut dan hidungmu, kemudian bernapaslah dalam kantong tersebut.

Tanpa disadari, lama-lama kamu akan menghirup karbon dioksida, otot-otot diafragma yang tadinya berkontraksi akan melemas kembali.

3. Duduk memeluk lutut

Duduklah dengan posisi kaki ditekuk, kemudian peluk lututmu dambil mencondongkan badan ke depan seperti mau meringkuk. Tahan posisi ini selama kurang lebih dua menit sehingga memberikan tekanan pada area diafragmamu agar udara yang terjebak bisa keluar.

4. Pijat area ulu hati
Bila cara sebelumnya belum berhasil, kamu bisa mencoba untuk memijat area ulu hatimu. Otot-otot diafragma letaknya persih di bawah ulu hati, di atas perut, berikanlah tekanan dengan menggunakan jari-jarimu selama 20-30 detik hingga cegukan hilang.

Selamat mencoba!