Ini 4 Alasan Kenapa Mata Gatal dan Ingin Mengucek Mata

13 Oct 2019 18:55 RS Mata Undaan
RS Mata Undaan

Mengucek mata mungkin menjadi kebiasaan semua orang. Biasanya, seseorang mengucek mata karena muncul rasa gatal. Meski sekilas punya banyak manfaat, namun mengucek mata tidak disarankan karena ada lebih banyak risiko bahaya serius yang akan dialami mata.

Dr. Lydia Nuradianti, SpM spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya (RSMU), memberikan penjelasan tentang beberapa alasan kenapa mata terasa gatal hingga membuat tangan kita reflek ingin menguceknya.

1. Alergi pada konjungtiva

Lydia Nuradianti mengatakan, kondisi mata gatal bisa disebabkan peradangan pada mata akibat reaksi alergi terhadap serbuk saro, atau spora jamur yang bisa terbang terbawa angin.

"Konjungtiva itu lapisan yang membungkus bola mata. Maka dari itu lapisan ini rentan terhadap iritasi dan cukup umum terjadi," kata dokter dengan sub spesialis glaukoma ini.

Ada dua jenis alergi pada konjungtiva yang bisa terjadi, yakni alergi konjungtiva akut dan kronis. Alergi konjungtiva akut adalah kondisi yang paling umum. Gejalanya kelopak mata tiba-tiba terasa gatal dan perih seperti terbakar.

Namun, terkadang diikuti dengan hidung berair seperti saat Anda mengidap pilek. Reaksi alergi ini terjadi hanya sebentar.

2. Air mata kering

Sebenarnya mengucek mata adalah cara untuk merangsang air mata keluar dan kemudian melumasi mata yang kering. Hal ini tentu saja akan membantu mata untuk mengilangkan debu serta zat yang mengiritasi lainnya yang mungkin masuk ke mata.

Namun, bisa saja mata kering juga menyebabkan rasa gata di mata. "Kondisi ini terjadi saat mata tidak memproduksi cukup air mata. Jika mata tidak cukup menghasilkan air mata akan sangat mengganggu penglihatan. Mata akan terasa perih, gatal atau seperti ada yang mengganjal, dan memerah," kata dokter yang akrab disapa Lydia ini.

3. Peradangan kelopak mata

Peradangan pada mata atau istilah medisnya blepharitis, juga bisa 'mengundang' rasa gata di kelopak mata.

"Umumnya peradangan ini terjadi ketika kelenjar minyak kecil yang ada di dasar bulu mata tersumbat. Kondisi inilah membuat mata jadi mudah teriritasi dan kelopak mata bengkak," ungkap Lydia.

Gejala yang muncul antara lain mata gatal mulai dari area kelopak mata dan mata secara keseluruhan, mata berair, mata memerah, serta sensitif terhadap cahaya silau.

4. Lensa kontak

Menurut Lydia Nuradianti, penggunaan lensa kontak juga bisa menjadi penyebab mata gatal yang menyiksa. Apalagi bila menggunakan lensa kontak terlalu lama dan jarang menggantinya, ini akan memicu mata menjadi iritasi dan terasa gatal.

"Penting juga untuk mengetahui kandungan cairan untuk mencuci lensa kontak, karena beberapa orang juga alergi terhadap cairannya," katanya.

Meski alasan diatas merupakan indikasi kenapa mata terasa gatal, namun Lydia Nuradianti tetap menghimbau untuk melakukan pemeriksaan pada dokter mata untuk mengetahui penyebab pasti. Kenapa mata Anda terasa gatal.

"Karena setiap penyakit mata mempunyai penangganan yang berbeda-beda tergantung kondisi dan keparahannya," tutupnya.

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini