Ini 17 Alasan  Messi Jadi Pemain Terbaik FIFA 2019

24 Sep 2019 22:35 Dunia

Kiprah Lionel Messi bersama Barcelona tak terbantahkan. Ia menjadi pemain bintang dunia lewat sederet torehannya selama menjadi pemain sepak bola professional. Bintang asal Argentina ini sudah memecahkan banyak rekor dalam sejarah sepak bola Spanyol maupun Barcelona.

Peran Lionel Messi di dalam tim Barcelona juga sangat sentral. Ia hampir selalu menjadi pembeda dalam setiap pertandingan. Di kala pemain lain kehilangan kreativitas, Messi jarang bermain di bawah performa terbaiknya, dengan catatan dalam kondisi fisik bugar.

Federasi sepak bola dunia pun menobatkan La Pulga  sebagai pemain terbaik FIFA 2019. Lantas apa saja yang medasari keputusan asosiasi yang dipimpin Gianni Invantino tersebut?

Berikut 17 alasan versi FIFA seperti dilansir dari situs resmi klub:

1. Gelar La Liga dan Piala Super Spanyol

Setelah gelar La Liga dan Piala Super Spanyol musim lalu,  Lionel Messi sekarang memiliki total 34 trofi, menempatkannya sendirian dalam daftar pegoleksi gelar terbanyak untuk sebagian besar dalam sejarah Barca.

2. Pencetak Gol Terbanyak La Liga

Messi mencetak 36 gol dalam 34 penampilannya di La Liga musim lalu untuk mengantarkan Barca meraih gelar ke-26 dan merengkuh gelar La Liga dalam tiga musim beruntun. Messi juga menjadi pencetak gol terbanyak di Liga. Total sudah enam kali Messi menjadi top scorer La Liga. Ia memecahkan rekor bintang Athletic Bilbao Telmo Zarra (1940-1955) yang tak terpecahkan dalam satu dekade terakhir.

3. Pemenang Sepatu Emas

Messi tidak hanya memenangkan Trofi Pichichi, ia juga memenangkan sepatu emas sebagai pencetak gol di kompetisi domestik di seluruh kompetisi top Eropa untuk musim ketiga berturut-turut dan keenam secara keseluruhan.

4. Pencetak gol terbanyak di Liga Champions UEFA

Messi memimpin kompetisi klub top Eropa dengan 12 gol hanya dalam 10 pertandingan, membawa pulang kehormatan untuk keenam kalinya dalam karirnya.

5. Gol Barca ke-600

Messi mencetak dua gol saat Barcelona mengalahkan Liverpool 3-0 di leg pertama semifinal Liga Champions, Kamis 2 Mei 2019 dini hari WIB tadi. Sepasang gol itu membuat Messi mengumpulkan 600 gol sejak debut profesionalnya bersama Barca pada 2004.

6. Pencetak gol tendangan bebas terbanyak di liga-liga top Eropa

Leo Messi mencetak 6 gol tendangan bebas langsung di Liga Champions musim 2018-2019, lebih banyak daripada pemain lain dari tim-tim papan atas Spanyol, Prancis, Italia, Jerman, dan Inggris. Secara keseluruhan mencapai 8 gol jika dua gol tendangan bebas Messi di Liga Champions juga dihitung.

7. Pemain pertama yang mencetak gol ke-400 di La Liga

Messi menjadi pemain pertama yang mencapai 400 gol di kompetisi teratas Spanyol.

8. 50+ gol untuk keenam kalinya dalam karier

Musim lalu, Messi mencetak 51 gol dalam 50 pertandingan di semua ajang. Capaian itu merupakan yang keenam kalinya dalam karier sang pemain. Rinciannya, 36 gol di La Liga, 12 gol di Liga Champions, dan 3 gol di Copa del Rey.

9. Menciptakan rekor untuk kemenangan terbanyak dalam sejarah La Liga

Messi memecahkan rekor Iker Casillas yang meraih kemenangan dalam 334 pertandingan. Rekor itu ia samai ketika Barcelona mengalahkan Espanyol 2-0 di Camp Nou, 30 Maret 2019. La Pulga memborong dua gol kemenangan Blaugrana lewat torehannya di menit ke-71 dan 89. Keberhasilan Messi meraih kemenangan ke-334 di LaLiga.

10. Ukir rekor kemenangan terbanyak dalam sejarah Barca

Messi melewati Xavi dan menorehkan kemenangan ke-477 di semua ajang, terbanyak dalam sejarah klub.

11. Menjadi aktor utama dalam sebagian besar gelar La Liga untuk Barca

Titel La Liga ke-10 dalam kariernya adalah yang terbanyak dalam sejarah klub, dan hanya selisih dua trofi dari Francisco Gento (Real Madrid, 1953-1971) yang meraih 12 gelar La Liga.

12. Assist terbanyak La Liga

Selain menjadi pencetak gol terbanyak liga, Messi juga mencatatkan assist terbanyak (13), rekor yang sama dengan gelandang Sevilla, Pablo Sarabia yang kini bermain untuk PSG.

13. Raih Peringkat Ketiga Copa America 2019

Messi memimpin  Argentina ke semifinal Copa América, di mana mereka tumbang di tangan Brasil, sebelum memenangkan perebutan tempat ketiga melawan Chili.

14. 20+ gol La Liga untuk musim ke-11 berturut-turut

Messi adalah satu-satunya pemain yang pernah mencapai angka-angka itu. Dia sekarang telah melampaui 20 gol setiap musim sejak 2008-2009.

15. 50+ gol di Copa del Rey

Tiga gol Messi di Copa del Rey musim lalu, melengkapi golnya yang ke-51 di ajang tersebut, kedua terbanyak dalam sejarah klub. La Pulga hanya kalah dari Josep Samitier (1919-1932), yang memegang rekor dengan 64 gol.

16. 50+ hattrick

Tiga gol Messi di Sevilla musim lalu merupakan hattrick ke-50 sejak menjadi pemain pro. Dengan rincian: 44 kali untuk Barca dan 6 hattrick untuk tim nasional Argentina.

17. Pemain pertama yang mencetak gol di enam final Copa del Rey yang berbeda

Gol Messi melawan Valencia di final Copa del Rey musim lalu menjadikannya sebagai pemain pertama yang mencetak gol di enam kali final di ajang tersebut. Meski itu juga yang pertama bagi Messi gagal mengantarkan timnya menjuarai gelar turnamen tersebut.