Mason Greenwood, salah satu pemain muda dengan performa gemilang di Liga Inggris 2019/2020. (Foto: Twitter/@masongreenwood)
Mason Greenwood, salah satu pemain muda dengan performa gemilang di Liga Inggris 2019/2020. (Foto: Twitter/@masongreenwood)

Ini 10 Pemain Belia dengan Performa Gemilang di Premier League

Ngopibareng.id Liga Inggris 26 July 2020 13:15 WIB

Musim 2019/2020 menjadi yang terpanjang dalam sejarah Premier League. Terhitung setahun lamanya kompetisi itu diputar menyusul penangguhan kompetisi akibat pandemi Covid-19. Bersamaan dengan itu, banyak bermunculan talenta muda berbakat yang tampil mengesankan di kompetisi kasta teratas di Inggris tersebut.

Beberapa di antaranya berhasil mencuri perhatian sejumlah klub top Eropa berkat penampilannya yang mengesankan. Siapa saja mereka? Berikut sejumlah pemain muda bertalenta yang layak mendapat sorotan menyusul performanya yang impresif bersama klubnya:

Aaron Ramsdale (Bournemouth)

Aaron Ramsdale menikmati kariernya bersama Bournemouth musim ini. Ia menjadi satu-satunya kiper berusia 22 tahun yang bermain secara reguler di Premier League 2019/2020. Ramsdale bermain gemilang di bawah mistar gawang Bournemouth dalam masa yang cukup sulit.

Terlepas timnya harus terdegrasadi ke Divisi Championship atau kompetisi kasta kedua di Inggris, Ramsdale tetap menyita perhatian banyak orang lewat aksi-aksinya yang brillian. Setidaknya, Ramsdale kerap membuat penyelamatan gemilang untuk menghindarkan timnya mengalami kekalahan lebih besar.

Trent Alexander-Arnold (Liverpool)

Siapa yang tidak mengenal pemain yang satu ini. Meski usainya masih cukup belia, 21 tahun, Arnold telah menjadi pilihan utama Jurgen Klopp di sektor bek sayap kanan Liverpool.

Arnold merupakan pemain muda berbakat yang memberi kontribusi besar atas capaian The Reds meraih gelar Premier League 2019/2020 ini. Bukan hanya lewat umpan-umpan terukurnya, Arnold juga memiliki kemampuan mencetak gol dari open play maupun bola mati.

Terbaru, kemampuannya mengeksekusi bola set piece ia tunjukkan ketika Liverpool menghancurkan Chelsea 5-3 dalam laga pekan ke-37 atau hari dimana Liverpool mengangkat trofi Premier League musim ini.

Declan Rice (West Ham United)

Usianya masih muda, 21 tahun. Namun Declan Rice menunjukkan kematangannya dalam mengawal lini tengah West Ham United. Ia disebut-sebut sebagai salah satu talenta muda berprospek cerah di Inggris.

Tak mudah melewati pemain yang satu ini karena ia memiliki kemampuan membaca permainan cukup baik. Berbekal itu pula, ia menjalani musimnya bersama West Ham dengan aksi-aksinya yang mengesankan. Berkat bakat besarnya pula, Rice kini dikaitkan dengan kepindahan ke Chelsea.

Eric Garcia (Manchester City)

Nama pemain yang satu ini memang tak seakrab tiga pemain muda sebelumnya. Maklum, pemain yang bergabung dengan City pada musim 2017-2018 itu baru diorbitkan oleh Josep Guardiola setelah selesai masa kuncian.

Kendati begitu, pemain muda Spanyol berusia 21 tahun ini langsung mendapatkan hati sang pelatih. Ia pun menjadi pemain reguler di City sejak era new normal. Ia menyisihkan John Stones maupun Nicholas Otamendi.

Karena itu pula, pemain yang sebelumnya menghabiskan masa mudanya di Barcelona itu diminta kembali ke Camp Nou. Namun City tentu tak ingin kehilangan pemain dengan potensi sebesar dirinya.

Brandon Williams (Manchester United)

Di awal musim, remaja berusia 19 tahun ini hanya dikenal sebagai pemain muda MU yang dipromosikan ke tim senior. Namun kini ia menjelma menjadi seorang pemain yang diyakini akan menjadi bintang di masa depan.

Di bawah asuhan Ole Gunnar Solksjaer, Brandon kini mendapatkan banyak menit bermain di tim reguler. Aksi-aksinya yang gemilang membuat banyak pengamat meyakini sang pemain akan memiliki masa depan cerah bersama Setan Merah.

Matteo Guendouzi (Arsenal)

Kemampuan pemain muda Arsenal berusia 21 tahun ini tak perlu diragukan. Sejak bergabung dengan The Gunners pada musim 2018-2019 lalu, pemain Prancis ini menjadi salah penggawa utama Arsenal.

Penuh energy, Guendouzi kerap menjadi pilihan utama baik saat dilatih Unai Emery maupun manajer saat ini, Mikel Arteta.

Phil Foden (Manchester City)

Nama Phil Foden sudah taka sing lagi di telinga publik sepak bola Inggris. Pemain Manchester City ini merupakan salah satu pemain belia berbakat besar. Maka tak heran Guardiola kerap memberinya kepercayaan tampil sebagai pemain starter.

Fodem memang hanya mengoleksi lima gol dan dua assist bagi Manchester City. Namun kemampuannya yang sangat lengkap membuat Foden dipercaya akan menjadi pemain elit di masa mendatang.

Cristian Pulisic (Chelsea)

Pulisic sempat mengalami masa sulit bersama Chelsea di awal musim ini. Namun pemain Amerika Serikat berusia 21 tahun ini terus berkembang dan memperlihatkan kebintangannya di lapangan. Maka tak heran jika akhir-akhir ini Frank Lampard sering menurunkan Pulisic sebagai pemain starter.

Teranyar, ia mencetak satu gol lewat aksi individunya saat Chelsea ditekuk Liverpool 3-5 di laga pekan ke-37. Di pertandingan itu, Pulisic juga membuat satu assist.

Pemain yang dianggap sebagai penerus Eden Hazard itu pun dipertahankan oleh The Blues untuk musim depan. Dia akan berkolaborasi dengan Hakim Ziyech dan Timo Werner yang menjadi rekrutan terbaru Chelsea.

Mason Greenwood (Manchester United)

Usianya baru 18 tahun. Namun Greenwood telah menyita perhatian pecinta sepak bola dunia. Maklum, pemain yang satu ini memiliki potensi luar biasa.

Betapa tidak, Greenwood telah mengemas 10 gol dari 11 penampilannya di Premier League. Sebuah catatan yang mengesankan untuk pemain muda yang sangat percaya diri di setiap penampilannya bersama Setan Merah.

Bukayo Saka (Arsenal)

Satu lagi pemain muda Arsenal yang dianggap memiliki masa depan cerah, yakni Bukayo Saka. Pemain kelahiran Inggris berusia 18 tahun ini juga tak kalah mengilap dibanding sederet pemain muda sebelumnya.

Saka tak hanya tajam dalam menyelesaikan peluang, tapi juga memiliki kemampuan mengirim umpan terukur yang memanjakan rekan-rekannya. Saka bahkan disebut-sebut sebagai pemain muda dengan talenta hebat yang akan meneruskan kejayaan Arsenal di pentas Premier League maupun di panggung Eropa.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Mar 2021 04:25 WIB

Fikih Kebahagiaan: Bebaskan dari Kegelapan Menuju Cahaya

Khazanah

Tentang Kebahagiaan Kolektif (al-Sa'adah al- Jamai'yyah)

04 Mar 2021 03:39 WIB

Haedar Nashir: Pancasila Tak Sekadar Fundamen Politik

Khazanah

Renungan tentang gagasan Founding Fathers RI

04 Mar 2021 02:54 WIB

Setiap Zaman Ada Orangnya, Setiap Orang Ada Zamannya

Islam Sehari-hari

Ulasan KH Sujadi atas Tafsir Al-Quran Surat Al-Ashr

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...