Ilustrasi protokol kesehatan 3M di tengah pandemi Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
Ilustrasi protokol kesehatan 3M di tengah pandemi Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Ingat Selalu Bawa Ini saat Beraktivitas

Ngopibareng.id Nasional 29 November 2020 12:10 WIB

Penularan Covid-19 diklaim dapat terjadi melalui cairan batuk, bersin, dan air ludah atau yang sering disebut dengan droplets. Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, selalu gunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Selalu sedia pula masker pengganti di tas apabila masker yang telah digunakan dirasa cukup kotor. Masker yang dianjurkan untuk digunakan masyarakat adalah masker kain yang dapat dicuci dan digunakan kembali sehingga lebih ekonomis serta praktis.

Hand sanitizer juga perlu dibawa. Ini dapat digunakan sebagai pengganti untuk membersihkan tangan di kala sumber air dan sabun jauh atau terbatas. Hand sanitizer diklaim dapat membunuh kuman hingga 99.9 persen. Tisu basah (antiseptik) juga diklaim dapat membunuh berbagai zat patogen yang menempel pada telapak tangan. Tisu basah mengandung bahan kimia seperti alkohol yang dapat membunuh bakteri dan virus dengan metode denaturasi.

Salah satu benda yang tidak kalah penting untuk dibawa kala beraktivitas adalah tisu kering. Tisu kering dapat digunakan setelah Anda mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun hingga bersih.

Menggunakan barang-barang pribadi juga tidak ada salahnya ketika melakukan aktivitas di luar rumah. Salah satunya yakni dengan membawa alat makan sendiri. Dengan begitu, Anda dapat menurunkan risiko penularan Covid-19. Selain itu, Anda juga dapat terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatan di kala berbagi barang dengan orang lain seperti TBC hingga herpes.

Segera cuci alat makan Anda ketika usai digunakan. Alat makan yang kotor akan memicu berbagai kuman dan bakteri untuk bersarang di tempat makan Anda. Persiapkan alat ibadah sebelum beraktivitas di luar rumah. Jika perlu, cuci dan ganti alat ibadah Anda sesering mungkin usai digunakan di tempat umum.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Ilustrasi barangbarang yang wajib dibawa saat beraktivitas di luar rumah Grafis Fa VidhiNgopibarengidIlustrasi barang-barang yang wajib dibawa saat beraktivitas di luar rumah. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Jan 2021 03:08 WIB

Saat Peradaban Barat Mundur, Tak Otomatis Islam Jadi Alternatif

Khazanah

Prof Azyumardi Azra tentang perdamaian dunia

22 Jan 2021 02:38 WIB

Yudi Latif: Muhammadiyah, Bentuk Terbaik Politik Identitas

Khazanah

Di tengah politik identitas menjadi masalah sekarang

22 Jan 2021 00:56 WIB

Usai Copot Hijab, Selebgram Rachel Vennya akan Cerai?

Gosip Artis

Selebgram Rachel Vennya mengunggah postingan soal cerai.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...