Indonesia Negara Terindah ke-6 Dunia Versi Roughguides, Bangganya

02 Feb 2019 05:01 Gerak Wisata

Siapa yang berani menyangkal keindahan Indonesia? Semua orang yang pernah berkunjung ke Nusantara, selalu dibuat terkesima. Kabar terkini, Indonesia menempati posisi ke-6 Negara Terindah Dunia. Pengakuan ini diberikan situs internasional roughguides.com.

Roughguides.com adalah situs panduan pariwisata yang berpusat di London, Inggris. Situs ini kerap dimanfaatkan traveler internasional untuk mendapatkan referensi destinasi yang akan dikunjungi.

Beberapa waktu lalu, roughguides.com mengadakan polling mengenai Negara Terindah di Dunia. Penilaiannya diserahkan kepada pembaca. Hasilnya, Indonesia menempati posisi keenam Negara Terindah di Dunia. Bahkan, Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang ada di posisi 10 besar. Negara Asia Tenggara lain yang posisinya paling dekat dengan Indonesia adalah Vietnam, di peringkat 20.

“Tidak ada yang lebih menarik dari pemandangan yang menjadi inspirasi perjalanan anda. Untuk membuat imajinasi anda semakin gemilang, Kami meminta para pembaca untuk memilih Negara Terindah di Dunia di media sosial yang kami miliki. Dan inilah hasil yang kami dapatkan. Kami memastikan negara-negara yang ada dalam list ini akan membuat anda jatuh cinta,” tulis roughguides.com di situsnya.

Para pembaca roughguides.com menempatkan Skotlandia di peringkat pertama. Disusul Kanada di peringkat 2. Kemudian Selandia Baru, Italia, dan Afrika Selatan yang berturut-turut menempati posisi 3, 4, dan 5.

Di strip berikutnya, ada nama Indonesia.

“Indonesia berada di nomor 6 dalam polling ini. Impresi yang diberikan pembaca sebagian besar karena banyaknya natural landscapes dan budaya yang bervariasi. Negara kepulauan ini tersebar di 17,508 pulau, dengan keanekaragaman flora dan fauna begitu juga dengan makanan dan kostumnya. Lebih dari 500 bahasa diucapkan di negara ini,” tulis roughguides.com.

Situs itu juga menulis jika Bali dan Lombok sangat terkenal sebagai lokasi pura dan tempat surfing kelas dunia. Lombok juga dikenal karena keindahan pantainya. Begitu pun dengan Kalimantan yang menawarkan kesempatan menyaksikan Orang Utan dihabitat liarnya.

Ini bukanlah penghargaan pertama roughguides.com untuk Indonesia. Tahun 2017 lalu, situs ini membuat polling The Most Welcoming Countries In The World. Hasilnya, Indonesia juga berada di posisi 6. Pembaca roughguides.com menilai Indonesia ramah buat traveler.

Penghargaan ini membuat Indonesia akan semakin dilirik wisatawan. Apalagi, 2018 lalu Indonesia disebut sebagai salah satu Negara Teraman Dunia berdasarkan Gallup Law and Order Report.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengaku sangat bangga dengan penghargaan yang diberikan roughguides.com.

“Dinobatkan sebagai salah satu negara tercantik dunia jelas sangat penting bagi pariwisata Indonesia. Apalagi pemilihan ini dilakukan masyarakat internasional. Ini membuktikan Indonesia bisa diterima wisatawan internasional. Dan akan membantu untuk merealisasikan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara,” paparnya. (idi)

Penulis : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini