Singapura Terbuka 2019Indonesia Sisakan 12 Wakil di Singapura Terbuka 2019

10 Apr 2019 23:27 Bulutangkis

Indonesia meloloskan 12 wakilnya di babak 16 besar Singapura Terbuka 2019, 9-14 April 2019 di Singapore Indoor Stadium. Ganda campuran menjadi sektor yang paling banyak meloloskan wakilnya, lima pasangan.

Namun empat wakil di sektor ini harus saling bentrok di babak 16 besar. Pasangan Ricky Karanda Suwardi/Pia Zebadiah akan bertemu dengan Ronald/Annisa Saufika. Sementara duel senegara lainnya mempertemukan Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas dengan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle.

Ganda campuran lainnya, yakni Praveen Jordan/Melati Oktavita lolos usai menghentikan perlawanan pasangan gado-gado Muhammad Arif (Malaysia)/Rusdiyana Antardayu (Indonesia).

Di babak 16 besar turnamen berhadiah total Rp 5 miliar ini, mereka akan menantang unggulan pertama asal China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Rekor buruk menghantui Praven/Melati. Sebab, dari empat pertemuan sebelumnya mereka belum pernah menang atas Zhen/Huang.

Di sektor ganda putra pasangan unggulan pertama Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo akan bertemu dengan He Jiting/Tan Qiang dari China. Kevin/Marcus memang dalam sorotan menyusul penampilan mereka yang melorot akhir-akhir ini usai gagal mempertahankan gelar All England. Mereka juga kandas di babak 8 besar Malaysia Terbuka 2019 pekan lalu. Kevin/Marcus sendiri lolos usai mengalahkan kompatriotnya, Hardianto/Bery Anggriawan di babak 32 besar.

Lalu, juara bertahan Singapura Terbuka tahun lalu, Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan juga berhasil memenangkan duel lawan penghuni Pelatnas Cipayung, Wahyu Nayaka/Ade Yusuf. Pasangan ini selanjutnya akan bertemu dengan pasangan Korea Selatan, yakni Lee Yong Dae/Kim Gi Jung.

Pertemuan ini diprediksi akan menarik karena Lee Yong Dae yang sebelumnya memutuskan mundur dari Timnas Korea pada akhir 2016 merupakan musuh bebuyutan Hendra/Ahsan. Namun saat itu Lee Yong Dae berpasangan dengan Yoo Yeon-Seong.

Satu pasangan lainnya yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lolos usai mengalahkan ganda putra Indonesia lainnya, yakni Ricky Karanda Suwardi/Angga Pratama. Pasangan yang pekan lalu menjadi semifinalis Malaysia Terbuka 2019 ini akan bertemu dengan ganda asal Malaysia Chooi Kah Ming/Low Juan Shen.

Di sektor ganda putri hanya menyisakan satu wakil, usai pasangan Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto berhasil mengalahkan wakil Hong Kong. Sementara pasangan Della Destiara/Tania Oktaviana, Rizki Amelia/Ni Ketut Mahadewi dan Anggia Shitta/Pia Zebadiah harus angkat koper di babak 32 besar usai kalah dari lawan-lawannya.

Di babak 16 besar Yulfira/Jauza akan bertemu dengan unggulan ke-3 asal Jepang Mayu Matsumoto/ Wakana Nagahara.

Nomor Tunggal

Di tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting akan berjumpa Kenta Nishimoto asal Jepang. Ginting akan berusaha membalas kekalahan dari Kenta pada Malaysia Open pekan lalu. Pada pertandingan itu Ginting harus menyerah setelah bermain tiga game melawan Kenta. Ginting sendiri lolos usai mengalahkan wakil Taiwan Wang Tzu Wei dengan dua game langsung, 21-12, 21-12.

Sementara Jonathan Christie akan menghadapi tunggal asal Malaysia Lee Zii Jia. Jojo lolos ke 16 besar usai mengalahkan tunggal asal Thailand Khosit Phetpradab melalui rubber game 21-18 19-21, 21-18. Usai pertandingan, Jojo mengungkapkan dirinya bermain kurang maksimal hari ini. Namun dia bersyukur berhasil mengalahkan Khosit.

Sementara di tunggal putri, Ruseli Hartawan menjadi harapan terakhir Indonesia. Ruseli lolos ke 16 besar usai mengalahkan tunggal tuan rumah Yeo Jia Min melalui pertarungan ketat tiga set 21-18, 17-21, 21-15. Di babak selanjutnya Ruseli akan berjumpa dengan unggulan ke-7 asal Korea Selatan Sung Ji Hyun.

Sementara tunggal putri lainnya Gregoria Mariksa dan Fitriani gagal melangkah ke babak 16 besar. Gregoria harus mengakui keunggulan Mia Belchfield asal Denmark. Sementara Fitriani menyerah dari Ratchanon Intanok dari Thailand.

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini