Indonesia Peringkat 6 Negara Terindah di Dunia, Begini Urutannya

06 Apr 2019 08:50 Gerak Wisata

Indonesia harus mesem lagi. Mesemnya harus lebih lebar biar makin tampak suasana bangganya. Mesem (bahasa Jawa: senyum paling menawan) kali ini datangnya dari Rough Guides. Sebuah situs penyedia panduan wisata terkemuka di dunia. Rough Guides menahbiskan Indonesia adalah negeri terindah keenam di dunia. 

Tak ada yang bisa menampik ini. Bahwa keindahan Indonesia memang luar biasa. Berbagai media dan situs wisata dunia tak pernah bosan mengulas keindahannya. Menurut Rough Guides, Indonesia adalah peringkat keenam  dari deretan 20 negara lain yang juga terindah di dunia.

Coba simak sebentar urutan dari Rough Guides: pertama adalah Skotlandia. Lalu Kanada. Kemudian Selandia Baru. Berikutnya Italia. Menyusul Afrika Selatan. Keenam, dan ini yang paling penting, Indonesia. Berurutan selanjutnya adalah Inggris, Islandia, Amerika Serikat, Wales, Slovenia, Meksiko, India, Finlandia, Switzerland, Peru, Norwegia, Irlandia, Kroasia, terakhir Vietnam.

Berada di peringkat ke-6 dunia, Indonesia unggul dari berbagai negara besar dunia. Seperti Inggris, Islandia, AS, Slovenia, Meksiko, India, Finlandia, hingga Switzerland berada di bawah Indonesia.

Arief Yahya, Menteri Pariwisata, menyatakan, capaian ini jelas harus membuat bangga seluruh rakyat Indonesia. Ini juga sebuah penegasan betapa kayanya pariwisata Indonesia. Diakui dunia pula. Capaian ini juga harus menjadi modal besar bagi pergerakan pariwisata Indonesia, ke depan.

Menurut Menpar, masuknya Indonesia ke dalam deretan negara terindah dunia akan meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia secara signifikan. Ini membuat seluruh stakeholder semakin solid dan percaya diri. Selain itu, hal ini membuktikan jika nama Indonesia semakin diperhitung dikancah pariwisata dunia.

Voting pemeringkatan yang dilakukan Rough Guides sejatinya untuk membantu wisatawan memilih tempat untuk berlibur. Rough Guides sendiri merupakan media yang berpusat di London, Inggris dan telah berdiri sejak 1982. Selain itu, daftar ini dibuat berdasarkan voting atau pemilihan suara warganet dari seluruh dunia.

Mesem bangga juga ditunjunjukkan Siti Chotijah, Ketua Harian Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Nasional. Menurutnya, pencapaian ini menjadi cambuk untuk GenPI semakin giat lagi mempromosikan pariwisata Indonesia. Karena modal pariwisata Indonesia sudah sangat kuat.

"Bagi kami, ini semakin meningkatkan level 3C kami, yaitu confidence (kepercayaan diri), credibility (kredibilitas), dan calibration. Membuat kami makin pede dalam mempromosikan pariwisata Indonesia," ucap wanita yang akrab disapa Mbak Jhe itu.

Jhe menambahkan, pariwisata Indonesia merupakan paket lengkap bagi wisatawan. Keindahan alamnya bersanding manis dengan kekayaan budayanya. Belum lagi kekayaan kulinernya yang juga tersoroh di penjuru dunia.

"Indonesia menjadi rumah bagi 17.508 pulau yang menakjubkan. Kekayaan budayanya ditegaskan dengan lebih dari 500 bahasa berbeda yang digunakan di Indonesia. Selain itu, daya tarik lain adalah keanekaragaman flora dan fauna yang ada," ungkap Jhe.

Boleh dibilang, keindahan wisata yang paling menonjol di Indonesia adalah Pulau Bali dan Pulau Lombok. Kedua pulau ini dikenal karena kuil-kuilnya yang indah dan sarana berselancar berkelas internasional.

Kalimantan pun tak kalah menariknya. Pulau ini terkenal dengan orangutan yang merupakan salah satu satwa dilindungi. Belum lagi keberadaan Komodo yang hanya ada di Indonesia. Hewan prasejarah ini menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

"Modal kita sudah sangat kuat. Sebagai serdadu digital, kami akan semakin yang militan melakukan penetrasi pasar dan mempromosikan Indonesia. Sehingga pariwisata menjadi sumber devisa terbesar di Indonesia," ucap Jhe. (idi)

Reporter/Penulis : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini