Timnas Indonesia U-19 gagal masuk ke Final Piala AFF U-19 usai terjegal di babak semifinal oleh Malaysia. (foto: hrs/ngopibareng)
Timnas Indonesia U-19 gagal masuk ke Final Piala AFF U-19 usai terjegal di babak semifinal oleh Malaysia. (foto: hrs/ngopibareng)

Indonesia Kalah Adu Penalti dari Malaysia di Semifinal Piala AFF U-19

Ngopibareng.id Timnas 12 July 2018 22:33 WIB

Indonesia harus puas sampai di babak semifinal Piala AFF U19 usai dikalahkan Malaysia lewat adu penalti, Kamis 12 Juli. Namun hasi ini membuat Garuda Muda harus tetap berjuang untuk perebutan juara ketiga nantinya yang rencananya digelar pada Sabtu 14 Juli mendatang.

Kekalahan ini menjadi rekor buruk Indonesia di ajang Internasional. Adu pinalti dengan dukungan penuh supporter tak membuat Garuda Muda di atas angin. Justru terbalik, 3 penendang Indonesia Witan, Firza dan Hanis gagal. Hanya Lutfi dan Ferre yang berhasil mengeksekusi bola.

Memang pada jalnnya babak pertama, usai wasit meniupkan pluit mulai berjalannya pertandingan, Indonesia langsung bermain ngotot, dan mampu mencetak gol di menit ke 3, usai Saddil Ramdani dijatuhkan di kotak penalti.

Egy Maulana yang menjadi eksekutor penalti tak menyia-nyiakan peluang tersebut. Ia pun langsung melesatkan tendangan keras dan berhasil Unggul 1-0 terlebih dahulu.

Mencoba menambah kedudukan, Indonesia yang terus melancarkan serangan malah harus kebobolan di menit 15 usai M Syaiful mencetak gol dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Skor imbang 1-1 ini mencoba dirubah oleh skuad Garuda Muda. Serangan tak terhenti terus berjalan, namun mereka tak mampu menambah kedudukan hingga akhir babak pertama.

Masuk babak kedua Indonesia sama sekali tak bisa mengenbangkan permainannya. Terlebih cederanya Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani. Sehingga membuat Garuda Muda harus berlanjut ke adu penalti.

Saat adu penalti, Malaysia berhasil melesatkan 3 gol ke gawang Riyandi. Shivan, Nabil dan Akif mampun mengecoh penjaga gawang Indonesia. Sedangkan kaptem tim, M. Syaiful gagal menceploskan bola ke jaring garuda muda.

Kekalahan ini memaksa Indonesia jalani perebutan juara 3. Anak asuh Indra Sjafri harus menghadapi Thailand di sini. Sementara partai puncak menemukan Malaysia menghadapi Myanmar. Sebelumya Myanmar menekuk Thailand dengan 1 gol tanpa balas. (hrs)

Penulis : Haris Dwi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Feb 2021 19:45 WIB

Hari Ini, 3 Pemain Gabung Timnas Proyeksi SEA Games 2021

Timnas

Mereka ada Rizky Pellu, Osvaldo Haay dan Braif Fatari

26 Jan 2021 11:45 WIB

PSSI Setuju Ganti Jadwal Kualifikasi PD 2022 ke Bulan Juni

Timnas

PSSI memahami keinginan FAM karena adanya pandemi Covid-19.

24 Dec 2020 18:48 WIB

TC Timnas Indonesia U-22 Fokus Peningkatan Fisik

Timnas

Mereka ditarget juara di SEA Games 2021 mendatang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...