Cristiano Ronaldo menunjukkan performa meyakinkan di sepanjang tahun 2019. (Foto: Twitter/@juventusfc)

Indikasi Kuat Cristiano Ronaldo Akan Menangkan Ballon d’Or 2019

Dunia 29 October 2019 14:15 WIB

Meski pemenang Ballon d’Or 2019 baru diumumkan pada acara malam gala yang akan berlangsung pada 2 Desember 2019 mendatang, namun tanda-tanda itu mengarah pada Cristiano Ronaldo.

Indikasi itu cukup kuat mengingat nama pemain Juventus dan Timnas Portugal ini masuk dalam unggulan pemain terbaik 2019. Meski akhirnya Lionel Messi yang akhirnya memenangkan FIFA Best Player 2019.

Kalah dalam pemilihan pemain terbaik versi FIFA, ia dipastikan kembali bersaing dengan Lionel Messi dalam perebutan Ballon d’Or 2019. Maklum, Ronaldo tampil bagus di sepanjang tahun ini baik bersama Juventus maupun Timnas Portugal.

Level permainan Ronaldo yang tak menurun menjadi salah satu alasan pemain berusia 34 tahun ini menjadi kandidat kuat peraih penghargaan individu paling bergengsi sejagad ini.  

Sinyal lain yang mengarah pada Ronaldo adalah ramainya media-media besar di Eropa yang memberikan sinyal Ronaldo bakal meraih penghargaan tersebut.

Tak main-main, media penggagas penghargaan ini, France Football, baru-baru ini melakukan wawancara eksklusif dengan Cristiano Ronaldo. Media olahraga terbesar di Prancis ini juga menjadikan wajah Ronaldo sebagai cover utama edisi teranyarnya.

Selain itu, Corriere dello Sport. Media besar asal Italia ini terus memberitakan kinerja apik kapten timnas Portugal di sepanjang tahun 2019. Secara tersirat, media ini juga menyebut Ronaldo layak meraih Ballon d’Or.

Setelah media besar di Prancis dan Italia, juga ada media asal Spanyol yang tak kalah besar, yakni Marca. Alih-alih memberi apresiasi pada Messi yang bermain untuk Barcelona di La Liga, mereka justru menyebut Ronaldo tidak menunjukkan penurunan secara signifikan meski usianya sudah melewati masa emas.

Marca juga menyebut Ronaldo masih berperan besar atas capaian Juventus maupun maupun timnas Portugal, baik lewat kontribusi golnya, maupun assist dan kepempinannya di atas lapangan.

Andai benar Ronaldo meraih Ballon d'Or 2019, maka itu akan menjadi gelar keenam dalam karirnya. Sebab, eks pemain Manchester United sebelumnya sudah meraih Ballon d'Or pada edisi 2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017. Gelar keenam akan membuat Ronaldo akan melewati Messi yang saat ini memiliki koleksi trofi bola emas dengan jumlah yang sama (5 trofi).

Akankah malam gala Ballon d’Or tahun ini hanya sekadar formalitas semata, karena indikasi penghargaan ini akan diberikan pada Ronaldo sangat kuat. Tentu, semua masih tergantung hasil voting para juri yang beranggotakan pelatih timnas dan kaptennya dari negara anggota asosiasi FIFA. Pemilik 'hak memilih' lainnya adalah para jurnalis terpilih.

Dalam aturannya disebutkan hanya satu jurnalis di setiap negara yang diperbolehkan memberikan pilihan.

Sumber: Marca

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 12:03 WIB

Manajer Juventus Dipecat, Ronaldo Gak akan Pindah ke Klub Lain

Liga Italy

Meskipun Juve tersingkir dari Liga Champions

08 Aug 2020 05:13 WIB

Menang 2-1 atas Lyon, Juventus Tetap Tersingkir

Liga Champions

Mereka kalah agresivitas gol di kandang lawan.

05 Aug 2020 13:02 WIB

Pensiun, Casillas Mendapat Ucapan Perpisahan dari Messi

Dunia

Mantan kiper nomor satu Spanyol itu mengumumkan dirinya pensiun

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...