India Buka Rumah Sakit Pertama untuk Gajah

20 Nov 2018 08:26 Internasional

Komisaris Divisi Agra Kumar meresmikan rumah sakit khusus gajah pertama di Desa ChurmuranFarah, Mathura, India. Terletak dekat dengan pusat konservasi dan perawatan gajah, rumah sakit ini dirancang untuk mengobati para hewan berbelalai panjang yang sakit.

Sarana ini, seperti diberitakan India Times, dilengkapi dengan fasilitas seperti digital X-Ray nirkabel, kamera termal, ultrasonografi, perangkat penenang, dan fasilitas karatina.

Ada juga unik pengerek medis untuk mengangkat gajah, juga alat penahan dengan kandang perawatan dalam ruangan khusus untuk prosedur medis jangka panjang.

Tak hanya dijadikan tempat kesehatan gajah, tapi lokasi ini bisa untuk menarik wisatawan lokal dan asing.

Data pemerintah menunjukkan, populasi gajah India dilaporkan turutn menjadi 27.312 pada tahun 2017 dari 29.391 hingga 30.711 pada 2012.

Gajah yang dipuja sebagai simbol budaya dan agama di India, namun hewan ini juga diperlakukan dengan buruk oleh manusia. Selain kerap jadi korban tersengat listrik, perburuan gelap, kecelakaan kereta, dan keracunan. Padahal, gajah di seluruh India menyumbang lebih dari setengah populasi gajah Asia. (yas)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini