Sekdaprov Jatim, Ahmad Sukardi (kiri) bersama dengan Kepala PT KAI Daop 8 Surabaya, Djaenuri. (Foto: Haris/ngopibareng)

Sekdaprov Jatim Klaim, Warga Mulai Pilih Mudik Gratis

12 Jun 2018 12:47

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Ahmad Sukardi mengklaim jika trend mudik kali ini mulai bergeser. Dari yang awalnya lebih suka memakai kendaraan pribadi atau sepeda motor, saat ini mulai bergeser jadi ikut mudik gratis. Hal ini lantaran setiap tahunnya banyak penyedia layanan mudik gratis baik dari angkutan bus, kapal, pesawar mapupun kereta.

Mulai beralihnya masyarakat memilih transportasi umum saat mudik, Sekdaprov Jatim, Ahmad Sukardi mengatakan jika warga Jawa Timur mulai peduli dengan keselamatan mereka sendiri.

"Dengan mudik gratis ini masyarakat lebih berhemat di ongkos. Selain itu mengurangi resiko kecelakaan di jalan. Warga juga bisa membantu petugas dalam hal mengurangi kemacetan di jalan," kata Sukardi, usai memberangkatkan mudik gratis di stasiun kereta api Gubeng Surabaya, Selasa 12 Juni 2018.

Selain itu, kata dia, dalam program mudik gratis kali ini, terbukti mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan. Apalagi pemudik yang biasanya menggunakan motor dan berboncengan empat juga mulai tidak terlihat.

"Inginkan kecelakaan zero accident. Program ini terbukti bisa mengurangi kecelakaan. Orang mudik menggunakan sepeda motor sudah berkurang. Orang mudik naik sepeda motor kadang-kadang isinya bisa sampai empat penumpang di belakang. Ditambah kayu pake tas. Waduh sangat luar biasa resikonya," ujarnya. (hrs)