Iklan Hijab Retail Busana Muslim yang Penuh Sensasi

05 Aug 2019 16:21 Ngopitainment

Perusahaan retail busana muslim sedang mendapat banyak sorotan. Bukan karena produknya, tapi viral di media sosial karena iklan mereka yang penuh sensasi. Salah satunya, yang baru-baru ini, menampilkan gambar kambing berhijab.

Gambar reklame papan iklan produk busana muslim ini menampilkan seekor kambing, yang entah jantan atau betina berhijab dengan tagline sangat unik, “Korban tu ga wajib, yg wajib tu BERHIJAB.”

Terang saja iklan ini mendapat komentar retail busana muslim nyinyir. Berikut deretan iklan kontroversial yang banjir hujatan:

1. Kambing berhijab

Di awal Agustus ini, retail busana muslim tersebut memberi ucapan menyambut Idul Adha dan Dirgahayu RI melalui papan reklame di gerbang tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat.
Terdapat kambing berhijab disertai tulisan 'KORBAN tu ga wajib, yg wajib tu BERHIJAB' di baliho tersebut.

2. Rok untuk hijab

Tahun lalu di lokasi yang sama, retail busana muslim itu juga memajang papan reklame dengan foto dan kalimat yang 'nyeleneh'. Iklan itu menampilkan wanita yang mengenakan rok di kepala menyerupai hijab dan dilengkapi kalimat 'Anak jaman now, rok makin di atas, prestasi makin di bawah'.

3. Cewek polos

Kalimat yang dianggap ambiu oleh warganet juga pernah disertakan retail busana muslim dalam iklannya di baliho. "Tidak semua cewek berhijab itu polos lho!". Bunyi kalimat itu tepat di samping foto wanita berhijab putih polos, dan sekumpulan wanita berhijab warna-warni di sisi lainnya.

4. Sindiran untuk Rina Nose

Ketika komedian Rina Nose mulai tampil di publik tanpa hijab dua tahun silam, retail busana muslim ini juga turut menjadikannya materi iklan. Akun Instagram retail busana muslim itu misalnya, sampai menulis semacam surat terbuka menyindir Rina Nose.

"Teruntuk saudariku Nurlina Permata Putri (nama asli Rina Nose) ada KERUDUNG GRATIS buat kamu. Mungkinkah kamu kurang trendi dengan hijab yg beberapa waktu lalu kamu kenakan?"

5. Editan foto Michelle dan Barack Obama

Figur publik lainnya yang pernah dijadikan konten iklan adalah Presiden ke-44 AS Barack Obama, dan istrinya, Michelle Obama. Saat keduanya berkujung ke Indonesia, foto Obama diedit menjadi tampak mengenakan baju koko dan Michelle berhijab. Di samping foto itu tertera tagline 'Obama Betah' (OBral Abis MAkin Asik BErTabur hadiAH).

6. Editan foto RA Kartini

Bahkan, foto tokoh Pahlawan Nasional Indonesia pun pernah menjadi 'korban' tangan jahil pembuat iklan retail busana muslim tersebut. Pahlawan itu adalah RA Kartini, yang fotonya diedit menjadi berkerudung dan mendatangkan cukup banyak sorotan warganet di Twitter.

7. Tagline mandi basah, teroris, hingga alhamdulillah banjir

Selain foto, retail busana muslim itu juga dikenal kerap memberikan tagline yang membuat panas netizen. Tiga di antaranya yakni teroris (tebar obral produk diskon), mandi basah (makin narsis serba murah), dan alhamdulillah banjir, yang diteruskan dengan kata 'diskon'.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini