Calon Gubernur Jawa Timur nomer urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) foto bersama para Kiai Sepuh se Jatim dan para Gus di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, pada Selasa 6 Februari 2018. (Foto: Faris/ngopibareng.id)
Calon Gubernur Jawa Timur nomer urut 2, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) foto bersama para Kiai Sepuh se Jatim dan para Gus di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, pada Selasa 6 Februari 2018. (Foto: Faris/ngopibareng.id)

Ikatan Gus-Gus Indonesia, Jatim Butuh Gus Ipul

Ngopibareng.id Politik 17 March 2018 14:08 WIB

Ikatan Gus-gus Indonesia (IGGI) menilai Jawa Timur yang merupakan basis NU perlu figur pemimpin yang memahami kondisi rakyatnya. Sosok atau figur calon gubernur yang pas dengan kriteria tersebut ada pada Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Ketua IGGI, KH Dr Ahmad Fahrur Rozi yang akrab dipanggil Gus Fahrur Sabtu (17/3) mengatakan para nabi dan rosul semuanya adalah dari kalangan lelaki. Karena ketika lelaki menjadi pemimpin keberadaannya mudah berhadapan dengan siapa pun dan lebih mudah bertemu semua orang di semua waktu. 

"Petunjuk Al Qur'an dalam kriteria memilih pemimpin adalah yang kuat dan amanah. Ummat islam diperintahkan agar memberikan amanah kepada yang berhak. Yang berhak siapa? Yang berhak adalah pemimpin yang memiliki sifat kepemimpinan seperti rosul yakni shiddiq, amanah, tabliq dan fatonah. Semua kriteria itu saya melihat ada pada Gus Ipul," kata pengasuh Ponpes Annur I Bululawang, Malang. 

Ditambahkan Gus Fahrur, Gus Ipul lahir dan dibesarkan di pondok pesantren. Sehingga lebih mengerti dan memahami apa yang menjadi kebutuhan santri dan masyarakat nahdliyin yang merupakan mayoritas penduduk Jawa Timur.

"Gus Ipul ini figur pemimpin yang baik dan amanah, Selama 10 tahun menjadi wakil gubernur dijalankan dengan baik dan tanpa konflik. Pemimpin yang baik itu siap memimpin dan dipimpin," kata gus Fahrur yang juga Ketua Pengurus Wilayah Himpunan Alumni Santri Lirboyo (Himasal) Jawa Timur. 

Selain itu, katanya, Gus Ipul orangnya sangat sederhana , tawadlu dan mempunyai selera humor yang tinggi, Beliau ini didukung oleh jumhur atau mayoritas ulama. "Dukungan mayoritas ulama ini membuktikan indikasi kuat beliau adalah yang terbaik. Karena umat Islam ini tidak mungkin bersepakat dengan kejelekan. " saya melihat jumhur ulama telah memberikan kepercayaan penuh kepada Gus Ipul untuk memimpin Jawa Timur," katanya. (wah)

Penulis : Faris Mujaddid

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Oct 2020 07:09 WIB

Kenangan Mengaji Kepada Kiai Fuad Djazuli Ploso

Khazanah

Catatan Ustadz Ma'ruf Khozin, Pesantren Aswaja Sukolilo Surabaya

25 Oct 2020 06:49 WIB

Tips Menjaga Kesehatan saat Pandemi Covid-19

Nasional

Tips menjaga kesehatan tubuh agar tak tertular virus corona (Covid-19).

25 Oct 2020 06:34 WIB

Perayaan Maulid Nabi Haram? Ini 21 Dalil dari Sayid Al-Maliki (3)

Islam Sehari-hari

Mengukuhkan tradisi Syiar Islam di Bumi Nusantara

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...