Ikan Arapaima yang Ditemukan di Rolak Surabaya Sempat Dikira Buaya

03 Jul 2018 19:30 Surabaya

Ikan Arapaima Gigas yang tertangkap nelayan di sungai Brantas Rolak Gunungsari Surabaya ternyata sempat dikira buaya oleh warga sekitar.

Beberapa warga yang dijumpai ngopibareng.id, Selasa, 3 Juli 2018, mengaku keberadaan ikan Arapaima Gigas di Rolak Gunungsari ini beberapa kali sudah terlihat sejak kemarin, karena ikan itu sempat muncul ke permukaan.

"Saat muncul ke atas (permukaan) terlihat seperti buaya, tapi sebentar terus hilang," kata warga yang sehari-harinya beraktifitas di sekitar Rolak, Romadhoni.

Warga dan para nelayan juga sempat beberapa kali berusaha menjaring ikan sepanjangan 1,5 meter itu, namun usaha itu gagal karena ikan itu kembali menghilang di kedalaman air.

Barulah pada Selasa, 3 Juli ikan predator dengan habitat asli Sungai Amazon, Brasil, itu berhasil ditangkap oleh Hariyanto dan rekannya Joko. Ikan Arapaima itu ditangkap saat keduanya melakukan aktivitas mencari ikan di kawasan Rolak sekitar pukul 05.30 WIB.

"Awalnya saya kira ikan biasa. Saya sempat senang juga dapat ikan besar ini, setelah dikasih tahu warga, ternyata ini ikan Arapaima" kata Hariyanto.

Setelah menemukan ikan itu, Hariyanto mengaku dirinya bersama Joko, melapor ke perangkat kelurahan setempat dan dilanjutkan ke balai konservasi.

Ikan ini kemudian diamankan oleh warga, setelah ditimbang, beratnya bahkan mencapai bobot 30 Kg. "Saya baru pertama kali melihat ikan sebesar ini," kata Hariyanto, yang sudah berprofesi sebagai nelayan selama 15 tahun. (frd)

Penulis : Farid Rahman


Bagikan artikel ini