Komedian sekaligus aktor Rony Dozer. (Foto: Instagram)

Idap Selulitis, Rony Dozer Merasa Diguna-guna Sesama Artis

Gosip Artis 24 January 2020 16:25 WIB

Nama komedian Rony Dozer sempat melambung saat ia membintangi program acara Extravaganza di Trans TV pada 2004 silam.

Selanjutnya, Rony Dozer merambah ke dunia akting dengan membintangi sinetron dan film. Namun belakangan ini, nama Rony Dozer meredup.

Pria 44 tahun itu rupanya mengidap penyakit selulitis, yakni infeksi bakteri pada jaringan kulit yang dapat menyebabkan kulit terlihat kemerahan, bengkak, terasa lembek, dan sakit. Biasanya penyakit ini diidap oleh orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Akibat penyakit yang menyerang sejak 2014 itu, Rony Dozer mengalami kaki bengkak. Gara-gara sakit itu pula, Rony Dozer kehilangan banyak pekerjaan. Terakhir, ia berperan sebagai Kentung di sinetron Tuyul dan Mbak Yul Reborn di ANTV.

Enam tahun berlalu, Rony Dozer kembali muncul di televisi. Ia menceritakan perjuangannya harus bolak balik ke rumah sakit untuk berobat.

Sebelum didiagnosa mengidap selulitis, Rony Dozer sudah memiliki riwayat diabetes dan asam urat. Bahkan, ia sempat mengalami kaki bengkak dan dirawat di rumah sakit akibat penyakit diabetes.

Sejak itu, pemilik nama asli Rony Antonius Setiawan ini merubah pola makan sehat untuk pengidap diabetes.

Selain pengobatan medis, Rony Dozer juga melakukan pengobatan alternatif. Dari sinilah, ia mengetahui penyakitnya akibat guna-guna.

"Ada yang kasih tahu kalau saya harus meminta maaf kepada siapa pun karena omongan saya yang menyakiti hati orang lain. Saya harus menjaga lisan saya, omongan saya mungkin tidak bisa diterima oleh orang lain sehingga sakit hati ke saya. Saya mengampuni, saya mohon maaf," ucap Rony Dozer tulus.

Menurut Rony Dozer, orang yang mengirim guna-guna itu merupakan rekannya sesama artis. Dia bahkan menyebut orang tersebut merupakan teman dekatnya selama bekerja di dunia hiburan Tanah Air.

"Dulu sempat dekat, ini bukan persaingan bisnis tapi job. Mungkin di sela-sela candaan saya sudah menyakit hati dia, sehingga dianggap serius, dia baper dan sakit hati," ungkap pemain film The Wedding & Bebek Betutu itu.

Awalnya, Rony Dozer tak percaya dengan hal-hal mistis. "Anehnya dokter bilang penyakit saya sudah enggak apa-apa. Tapi saya merasakan sakit di kaki kanan terus, sampai enggak bisa jalan," sambung dia.

Sebagai kepala keluarga, Rony Dozer harus menafkahi anak istri. Kehilangan banyak job di dunia hiburan, ia pun banting setir menjadi sopir taksi online. Kabar ini sempat viral karena salah satu penumpang Rony Dozer mengunggah foto dirinya di media sosial.

"Kami punya anak dua. Kebutuhan kan harus terus berjalan. Tanggal ini harus bayar ini, nah itu juga yang kami alami," bebernya.

Rony Dozer bersyukur orang-orang terdekatnya selalu memberikan dukungan agar dia segera sembuh dari penyakitnya.

"Saya terus berdoa dan banyak teman yang mendoakan saya. Akhirnya saya terbuka jalan kembali jadi aktor, MC, stand up comedy, YouTuber," tuturnya.

Saat ini kondisi Rony Dozer sudah membaik. Aktivitasnya di dunia hiburan pun bertambah sedikit demi sedikit.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

31 Mar 2020 13:59 WIB

12.298 Tenaga Kesehatan Spanyol Positif Corona

Internasional

Di Spanyol terdapat 12.298 pekerja kesehatan terinfeksi COVID-19.

31 Mar 2020 13:45 WIB

Pemerintah Antisipasi Pemulangan 11 Ribu ABK

Nasional

Selain ABK, juga ribuan pekerja migran dari Malaysia

31 Mar 2020 13:40 WIB

Kisah Para Nabi, Saat Kritis Belajarlah kepada Nabi Yusuf AS

Khazanah

Saat-saat kritis pemimpin bertindak tepat

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.