Ibi hamil positif covid-19 di Belgia berhasil melahirkan dengan selamat mengikuti protokol kesehatan setempat. (Ilustrasi/Ngopibareng.id)
Ibi hamil positif covid-19 di Belgia berhasil melahirkan dengan selamat mengikuti protokol kesehatan setempat. (Ilustrasi/Ngopibareng.id)

Ibu Hamil Positif Covid-19 di Belgia Melahirkan, Begini Prosesnya

Ngopibareng.id Internasional 26 April 2020 11:50 WIB

Seorang ibu hamil melahirkan anak ketiganya dalam kondisi positif covid-19. Penduduk Belgia bernama Amandie itu melahirkan dengan lancar mengikuti prosedur yang diterapkan di Belgia.

Ia mengingat, status positif covid-19 diketahui ketika dia menjalani tes menjelang operasi sesar untuk anak ketiganya.

Prosedur itu harus dilakukan karena komplikasi awal, meski ia tidak memiliki gejala awal covid-19.  "Keesokkan harinya dokter kandungan saya mengatakan kalau hasilnya positif," kata Amandie.

Berbekal hasil itu, proses sesar Amandie pun berlangsung mengikuti protokol covid-19. Ia dan suaminya wajib mengenakan masker. Setelah anaknya lahir, ia hanya diberi kesempaotan dua menit untuk melihat bayi perempuannya, sebelum ia dibawa ke unit operasi guna meminimalisir penularan di rumah sakit tersebut.

Setelah melahirkan, ia juga belum bisa bertemu dengan dua anaknya yang lain, karena risiko tertular. Sementara bayinya akan menjalani prosed tes covid-19 secepatnya.

Terkait kemungkinan Amandine untuk menyusui bayinya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut jika ibu bayi tetap bisa menyusui, asal tetap menjaga kebersihan.

Melansir Antaranews, hasil penelitian dari jurnal Lancet pada Februari lalu juga menyebut belum ada bukti kuat tentang transmisi vertikal dari ibu kepada bayi yang baru lahir.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Nov 2020 21:41 WIB

BKSDA Jatim Lepasliarkan 7 Ekor Lutung Jawa di Hutan Kota Batu

Warta Bumi

Lutung Jawa merupakan salah satu satwa yang dilindungi.

26 Nov 2020 21:28 WIB

Gubernur Ganjar Siapkan Skenario Darurat Pilkada Serentak

Nusantara

skenario darurat dibahas dalam rapat koordinasi Pilkada 2020.

26 Nov 2020 21:16 WIB

KPK Tahan Stafsus dan Sespri Edhy Prabowo

Korupsi

Dua orang tersebut ditahan karena untuk kepentingan penyidikan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...