Arab Saudi laksanakan ibadah haji, Arab Saudi jadi trending di Twitter. (Istimewa)

Ibadah Haji Dibuka, Arab Saudi Jadi Trending di Twitter

Reportase 23 June 2020 12:30 WIB

Kabar tentang sikap Arab Saudi membuka kembali Makkah untuk haji tahun ini memancing banyak warganet di Twitter membicarakannya, pada Selasa 23 Juni. Kata Arab Saudi pun telah digunakan lebih dari 6 ribu kali saat berita ditulis.

Dalam topik tersebut, banyak warnaget membagikan link berita dari berbagai media nasional tentang keputusan terbaru dari Arab Saudi tersebut.

Namun sejumlah netizen juga membagikan informasi lain yang juga sangat bermanfaat untuk meluruskan persepsi yang bisa salah.

Seperti akun @Paltiwest, ia mengungah infografis tentang rangkuman pernyataan dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, pada 22 Juni 2020. Pada pojok atas, akun ini menempelkan logo Kedutaan Besar RI di Riyadh dan Saunesia. "Supaya tak digoreng, ini syarat ibadah haji tahun 2020, oleh Arab Saudi," cuitnya.

Dalam infografis yang diunggah, terdapat empat hal penting, pertama sikap Arab Saudi yang memutuskan adanya pelaksanaan ibadah haji tahun 1441H/2020M.

Kemudian poin kedua, tentang siapa yang bisa mengikuti ibadah haji di Arab Saudi. Dalam infografis disebutkan jika peserta sangat terbatas dan dapat diikuti oleh ekspatriat yang telah bermukim di Arab Saudi. Ketiga dan keempat tentang dasar pembatasan jumlah akibat pandemi covid.

Di utas berikutnya, akun tersebut juga mengungah pernyataan lengkap dari Arab Saudi.

Sementara, akun lain seperti @tsuroiya juga mencuit menjelaskan tentang sikap Arab Saudi yang membatasi jemaah haji. "jadi keputusan pemerintah RI sudah tepat,' cuitnya sambil mengungah ingformasi dari akun @haraimaininfo.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 22:15 WIB

Nyadran, SAH Nyekar ke Makam Seniman di Surabaya

Pilkada

Ia ingin warga surabaya ingat dengan kesenian di Kota Pahlawan.

08 Aug 2020 21:45 WIB

Lima Orang Positif Covid-19, PN Surabaya Lockdown

Surabaya

Total sudah tujuh orang terpapar Covid-19.

08 Aug 2020 21:42 WIB

Kepemimpinan Ganjar Dinilai Penuh Inspirasi

Nusantara

Penilaian disampaikan Helmi Yahya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...