Ian Holm pada film "The Lord of The Ring," dan beberapa saat lalu sebelum meninggal. (Foto:Reuters)

Ian Holm, Bintang "The Lord of The Ring" Meninggal Dunia

Tokoh 20 June 2020 13:40 WIB

Aktor asal Inggris Ian Holm, yang terkenal karena perannya dalam trilogi "The Lord of the Rings" dan "Alien", meninggal dalam usia 88 tahun pada Jumat kemarin.

Aktor yang menerima nominasi Oscar untuk penampilannya dalam film "Chariots of Fire", meninggal karena penyakit parkinson.

"Dengan sangat sedih kami mengumumkan bahwa aktor Sir Ian Holm CBE meninggal pagi ini pada usia 88," agennya mengatakan kepada surat kabar The Guardian Sabtu.

"Holm meninggal dengan tenang di rumah sakit, bersama keluarga dan pengasuhnya. Dia adalah sosok yang tampan, baik hati, dan sangat berbakat, kami akan sangat merindukannya," tulis pernyataan itu.

Holm memulai karirnya di atas panggung teater sebagai bagian dari Royal Shakespeare Company dan memperoleh perhatian internasional ketika ia berperan sebagai android bernama Ash dalam film "Alien" yang tayang pada 1979.

Perannya sebagai pelatih atletik dalam "Chariots of Fire" membuatnya berhasil meraih penghargaan British Academy film award (Bafta) dan penghargaan Oscar untuk nominasi Aktor Pendukung Terbaik.

Holm juga memerankan tokoh Bilbo Baggins dalam dua film "The Lord of the Rings", peran yang juga dia mainkan dalam seri film "The Hobbit".

Ian Holm Cuthbert lahir di Goodmayes, Essex, Inggris 12 September 1931. Dia pernah empat kali menikah, dan memiliki 5 orang anak. (ant/rtr)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 22:15 WIB

Nyadran, SAH Nyekar ke Makam Seniman di Surabaya

Pilkada

Ia ingin warga surabaya ingat dengan kesenian di Kota Pahlawan.

08 Aug 2020 21:45 WIB

Lima Orang Positif Covid-19, PN Surabaya Lockdown

Surabaya

Total sudah tujuh orang terpapar Covid-19.

08 Aug 2020 21:42 WIB

Kepemimpinan Ganjar Dinilai Penuh Inspirasi

Nusantara

Penilaian disampaikan Helmi Yahya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...