Dua unit mobil Cadillac era Presiden Soeharto dan BJ Habibie dipajang di halaman belakang Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Sabtu 17 Agustus 2019.

HUT RI, Mobil Kepresidenan Era Soeharto dan Habibie Hiasi Istana

Nasional 17 August 2019 09:38 WIB

Peringatan HUT ke-74 RI di Istana, Sabtu 17 Agustus, dimeriahkan atraksi hiburan, kebudayaan, dan ada juga mobil kepresidenan zaman Soeharto dan BJ Habibie dipajang.

Dua unit mobil Cadillac dipajang di halaman belakang Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Yang pertama berpelat Indonesia 1, satu lagi berpelat tamu negara.

Mobil Cadillac tersebut masih tampak terawat. Jok hingga dashboard pun masih kinclong. Sedan tipe Fleetwood Brougham berwarna hitam itu dipasangi bendera merah putih ukuran kecil di bagian kap depan.

"Ini mobil Cadillac 1987 khusus dipesan pemerintah indonesia pada masanya untuk digunakan presiden untuk kedinasan digunakan tahun 1987-1990 pada masanya, ini masih jalan, masih bisa dipakai kalau mau bisa dicoba keliling," kata Kasetpres Heru Budi Hartono.

Menurutnya, kedua mobil itu sengaja dipajang untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang keberadaan kendaraan kepresidenan.

Selain digunakan Presiden ke-2 RI Soeharto, Cadillac Fleetwood Brougham itu juga pernah dipakai untuk acara kenegaraan seperti credential, yaitu penyerahan surat kepercayaan dari duta besar negara sahabat kepada pemerintah Indonesia.

Pada acara credential, mobil pabrikan Amerika Serikat itu digunakan untuk menjemput para perwakilan negara sahabat dari kediaman, kedutaan, atau hotel tempat duta besar mengingap, ke Istana Kepresidenan Jakarta.

Mobil itu mulai dioperasionalkan sejak era Soeharto sampai BJ Habibie. Setelah masa pemerintahan BJ. Habibie, mobil itu sudah tak digunakan lagi dan digantikan Mercedes Benz sampai sekarang.

Keberadaan mobil kepresidenan tersebut langsung menarik perhatian tamu undangan yang akan mengikuti upacara. Mereka tak segan mengabadian foto dua mobil tua itu. Tak ketinggalan mereka juga berswa foto di depan mobil keluaran 1980 itu.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

17 Jan 2020 12:24 WIB

Mobil Kepresidenan Tidak Dijual untuk Umum, Mengapa?

Ekonomi dan Bisnis

Mengapa mobil kepresidenan Mercedes Benz S 600 Guard tidak dijual untuk umum?

18 Aug 2019 10:40 WIB

Arie Untung dan Teman Artis Kajian Upacara Bendera Pakai Gamis

Selebriti

Arie Untung gelar upacara bendera bersama artis dalam Kajian Musyawarah.

18 Aug 2019 05:25 WIB

Istri dan Anak Pelaku Penyerangan Polsek Wonokromo Diamankan

Surabaya

Selain istri dan anak, ada sejumlah barang yang turut dibawa kepolisian.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...