Hujan Disertai Angin Terjang Surabaya, Puluhan Pohon Tumbang

23 Jan 2019 17:00 Surabaya

Hujan lebat disertai angin kencang melanda wilayah Surabaya, Rabu, 23 Januari 2019 pukul 14.20 WIB. Akibatnya puluhan pohon tumbang dan menutup jalan.

Seperti di jalan Brogalan arah Suramadu sebuah roboh menutup jalur dua arah. Bahkan di Bundaran ITS sebuah pohon roboh menimpa truk yang sedang melintas di jalan tersebut.

Kemudian di dekat pintu masuk Pasar Atom Lama sebuah pohon roboh menimpa mobil Innova yang sedang parkir. Depan kantor Maspion Jalan Kembang Jepun sebuah mobil Agya yang sedang parkir tertimpa pohon akibat angin disertai hujan.

Sebuah mobil Nissan Elgrand yang sedang parkir di Jalan KH Mansyur arah ke Al Irsyad tertimpa pohon. Di jalan Diponegoro seberang SPBU, pohon tumbang menutup jalur kanan ke arah Kebun Binatang Surabaya (KBS). Begitu juga di Simolawang, pohon besar tumbang. Beberapa warga bergotong-royong memotong pohon yang menutup satu lajur jalan.

Dari pantauan, beberapa titik sudah ditangani oleh petugas maupun warga sekitar, sementara lainnya masih menutup jalan. Pengguna jalan diimbau untuk tidak berteduh di sekitar pohon saat hujan dan angin kencang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya, Eddy Chrisjanto saat dihubungi mengatakan petugas gabungan dari Linmas, Satpol PP Kota Surabaya, PMI dan PMK Kota Surabaya sudah diturunkan ke lokasi untuk melakukan pembersihan.

"Petugas sudah dikirim untuk melakukan pembersihan di beberapa. Kami juga dibantu warga," katanya. 

Menurut pantauan BPB Linmas Kota Surabaya, di wilayah Kecamatan Genteng, selain merusak bangunan di Jalan Undaan Wetan Surabaya, hujan deras disertai angin kencang juga menyebabkan pohon tumbang yang menimpa sebuah mobil. 

"Selain itu juga dilaporkan terjadi angin puting beliung yang menyebabkan atap di dua rumah penduduk kawasan Sambikerep beterbangan," ujar Eddy.

Eddy memastikan tidak ada korban jiwa di seluruh lokasi yang terdampak bencana akibat hujan deras dan angin kencang tersebut.

"Para penghuninya sudah kami evakuasi. Sekarang kami tinggal melakukan pembersihan terhadap reruntuhan puing-puing yang roboh yang dibantu oleh personel dari Dinas Pemadam Kebakaran Pemerintah Kota Surabaya," ujarnya. (wit/ant)

Reporter/Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini