Huawei Mate 30 akan diluncurkan pada 18 September 2019.
Huawei Mate 30 akan diluncurkan pada 18 September 2019.

Huawei Mate 30 Tanpa Aplikasi Google?

Ngopibareng.id Teknologi dan Inovasi 29 August 2019 16:15 WIB

Smartphone Huawei seri Mate 30 dan Mate 30 Pro akan dirilis pada 18 September mendatang. Namun ada kabar buruk. Huawei Mate 30 tidak dapat menggunakan aplikasi dan layanan resmi Google di Android, misalnya saja Play Store.

Hal ini imbas dari larangan Amerika Serikat terhadap perusahaan China, termasuk Huawei, untuk menjalin hubungan bisnis.

Seorang juru bicara Google, seperti dikutip Reuters, menegaskan Mate 30 tidak bisa dijual dengan versi android dan aplikasi serta layanan Google.

Perusahaan-perusahaan AS dapat meminta lisensi untuk produk tertentu agar dibebaskan dari larangan itu. Google belum memutuskan apakah mengajukan permohonan lisensi untuk Android, paket aplikasi, dan layanan, meskipun di masa lalu berkomitmen ingin mendukung Huawei.

Huawei sebenarnya sudah mengantisipasi masalah itu. Pabrikan berlogo kipas merah ini telah mengembangkan toko aplikasi sendiri sejak 2018 bernama App Gallery.

Melalui App Gallery, pengguna masih dapat mengunduh dan menginstal aplikasi tambahan di Huawei Mate 30.

Mengenai spesifikasi Huawei Mate 30, smartphone ini dibekali dengan empat buah kamera belakang dan ditenagai oleh chipset baru, Kirin 990, sebagaimana laporan Android Central.

Belum ada informasi detail mengenai spesifikasi empat buah kamera belakang dan kamera depan Mate 30. Sedangkan chipset Kirin 990 rencananya diperkenalkan pada 6 September 2019.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 May 2020 11:58 WIB

Dukung Belajar di Rumah, Google Luncurkan Aplikasi Khusus Anak

Aplikasi

Google luncurkan aplikasi baru khusus anak-anak.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...