Rapat Koordinasi Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan para pelaku jasa wisata (foto: istimewa)

Car Free Month, TNBTS Larang Kendaraan Masuk Kaldera Bromo

Jalan-Jalan Yuk 08 January 2020 21:10 WIB

Hormati tradisi wulan kepitu masyakarat Tengger, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) akan mengadakan Car Free Month di Kaldera Tengger Gunung Bromo. Nantinya, wilayah yang meliputi lautan pasir dan kawasan savana akan bebas dari kendaraan.

Rencananya, car free month akan berlangsung dari 24 Januari 2020 sampai 24 Februari 2020. Keputusan ini merupakan hasil kesepakatan rapat koordinasi dengan berbagai dinas terkait dan para pelaku wisata.

"Car free month untuk menghormati wulan kepitu atau bulan ketujuh dalam masyarakat suku Tengger. Bulan itu dianggap sebagai bulan yang disucikan oleh tokoh dan sesepuh," tulis Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie, dalam rilis yang diterima ngopibareng.id, Rabu 8 Januari 2020.

Kenedie melanjutkan bahwa dalam wulan kepitu, masyarakat suku Tengger melakukan 'laku puasa mutih' untuk menahan sifat duniawi sekaligus mendekatkan diri kepada Tuhan.

"Selain itu car free month ini merupakan implementasi satu dari 10 cara baru pengelolaan kawasan konservasi, yaitu penghormatan terhadap adat dan budaya masyarakat Tengger," terangnya.

Car free month ini juga kata Kenedie, merupakan momentum untuk memulihkan ekosistem kawasan Bromo dan sekitarnya.

"Aktivitas di lokasi tersebut tetap diperkenankan dengan menggunakan kuda (wajib menggunakan kantong kotoran kuda), sepeda, tandu dan jalan kaki," katanya.

Bagi kendaraan wisatawan yang datang dari Malang dan Lumajang hanya boleh sampai di Jemplang. Sedangkan kendaraan yang datang dari Probolinggo hanya diperbolehkan sampai Cemorolawang. Sementara kendaraan yang datang dari Pasuruan hanya boleh sampai di Pakis Bincil.

"Untuk kepentingan dinas pemerintahan yang bersifat kegawatdaruratan atau emergency rescue dan patroli pemantauan kawasan dapat menggunakan kendaraan bermotor," tutup Kenedie.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 06:33 WIB

Menjadikan Putra Meraih Ilmu Penuh Berkah, Ini Resepnya

Khazanah

Sesuai pesan wasiat KH Maimoen Zubair, Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang

26 Sep 2020 05:25 WIB

LIPI Sebut Jawa Berpotensi Gempa dan Tsunami Raksasa

Warta Bumi

Lempeng 800 Km di selatan Jawa bergeser akan timbulkan gempa magnitudo 9.

26 Sep 2020 04:33 WIB

Pejabat Tinggi Tahta Suci Vatikan Mengaku Dipaksa Mundur

Internasional

Cardinal Giovanni Becciu mundur dari jabatannya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...