Hormati Siapa pun Pemenangnya, Garin Nugroho Nyatakan Prihatin

21 Apr 2019 05:14 Politik

Garin Nugroho, budayawan yang dikenal sebagai sutradara film, menyatakan keprihatinannya akan kondisi kehidupan masyarakat saat ini. Khususnya, terkait dengan pelaksanaan pesta demokrasi, Pemilu 2019.

"Kita wajib hormati siapapun pemenangnya , keprihatinan saya , Kita tak cukup tegas dan terbuka menjawab masalah dasar yakni Etika berbangsa. Siapapun yang menang, seramai apapun Pemilu," tutur Garin Nugroho, Sabtu 10 April 2019, dalam catatanya di medsos.

"Jika fakta kualitas pemilu jurdil merosot kualitas , banal dan muncul perilaku menutup mata pada kemerosotan, maka kita hanya menghasilkan politikus banal meraih kekuasaan, demokrasi mahal , ramai dan banal, namun kualitas masyarakat sipil merosot. Prihatin," kata sutradara legendaris Bulan Tertusuk Ilalang.

Menurut Garin, Pemilu menjadi perayaan prosedural simbolis terbesar dan ramai tapi menjadi medium kemerosotan terbesar kualitas bangsa. (adi)

"Jika fakta kualitas pemilu jurdil merosot kualitas , banal dan muncul perilaku menutup mata pada kemerosotan, maka kita hanya menghasilkan politikus banal meraih kekuasaan, demokrasi mahal , ramai dan banal, namun kualitas masyarakat sipil merosot. Prihatin," kata Garin Nugroho.
Reporter/Penulis : Riadi


Bagikan artikel ini