Jorge Lorenzo akan kembali membalap setelah absen di empat seri. (Foto: Twitter/@

Honda Yakin Lorenzo Belum Pulih 100 Persen di MotoGP Inggris

MotoGP 14 August 2019 20:08 WIB

Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig, merasa senang dengan kembalinya Jorge Lorenzo setelah absen dalam empat seri MotoGP terakhir. Namun ia meyakini, Lorenzo tidak akan maksimal karena kondisinya belum pulih 100 persen. Maka itu Honda tak berharap banyak pada rekan setim Marc Marquez itu saat balapan di MotoGP Inggris 2019 berlangsung.

Diketahui, Lorenzo harus naik meja operasi setelah insiden yang membuat tulang belakangnya patah akibat terpelanting dari motornya di sesi latihan bebas MotoGP Assen, Belanda.

Puig percaya, untuk memulihkan mental serta fisiknya, waktu dua bulan istirahat belum cukup bagi Lorenzo, mengingat cederanya yang cukup parah.

"Kami berharap melihat Jorge Lorenzo di Silverstone, kami berharap dan kami berharap dia baik-baik saja dari sudut pandang fisik setelah cedera," kata Puig. “Kami mengerti bahwa ia tidak akan mencapai 100 persen,” tutur Puig seperti dikutip dari Crash.

“Setelah cedera panjang seperti dia dan tidak mengendarai sepeda selama dua bulan, sulit untuk menemukan kecepatan. Kami ingin dia kembali dengan motivasi untuk naik lagi, menjadi bagian dari tim, untuk memberi kami umpan balik dan bergerak maju.”

Puig juga menepis rumor yang mengaitkan kepindahan Lorenzo ke Pramac Ducati baru-baru ini. Menurutnya, tidak ada rencana atau pembicaraan itu di internal Honda yang akan merevisi kontrak Lorenzo akibat dua insiden fatal yang menimpa rider 32 tahun tersebut.

"Saya tidak memikirkannya karena saya hanya tahu apa yang kami tahu, dan kami tahu bahwa kami memiliki kontrak dengannya selama dua tahun, yang berakhir pada 2020," kata Puig akhir pekan lalu.

"Jadi aku benar-benar tidak tahu apa rumor paddock itu atau apa yang dikatakan orang, tapi aku hanya bisa mengatakan bahwa kami tetap pada rencana semula, dan rencana Honda yang akan memakainya untuk tahun ini dan tahun depan."

Puig pun mengalihkan pembicaraan. Kali ini ia mengaku tertarik untuk melihat bagaimana trek Silverstone yang kembali masuk dalam seri MotoGP tahun ini setelah pembatalan MotoGP Inggris tahun lalu. Seperti diketahui, balapan di Sirkuit Silverstone musim 2018 ditiadakan akibat kondisi trek yang tak bisa membuang genangan air hujan.

Setelah inspeksi FIM bulan lalu, lintasan telah diberi lampu hijau di depan MotoGP Inggris dan menerima umpan balik positif dalam semua kondisi.

"Tahun lalu Silverstone adalah hari yang sulit pada hari Minggu karena kondisinya, tetapi saya telah mendengar mereka telah benar-benar memperbaiki dan tampaknya sangat positif," katanya. "Jadi, mari kita pergi ke Inggris dan melihat apa yang terjadi."

Lorenzo telah absen dalam empat putaran terakhir karena cedera. Tempatnya digantikan oleh pembalap tes HRC Stefan Bradl saat MotoGP berlangsung di Sirkuit Sachsenring (Jerman), Brno (Republik Ceska) dan Red Bull Ring (Austria).

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Mar 2020 10:53 WIB

Jorge Lorenzo Comeback ke MotoGP Berkat Wild Card di Catalunya

MotoGP

Jorge Lorenzo batal pensiun dari MotoGP.

02 Feb 2020 22:45 WIB

Alex Marquez Pamer Helm Baru untuk Tes Pramusim MotoGP

MotoGP

Pembalap anyar Repsol Honda, Alex Marquez pamer helm.

22 Nov 2019 07:57 WIB

Cal Crutchlow Kecewa Tiga Krunya Tak Dikembalikan

MotoGP

Tahun lalu Honda mengambil tiga krunya dan dimasukkan ke dalam tim Jorge Lorenzo

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.