Honda tutup pabrik mobilnya di Filipina. (Foto:unsplash)

Honda Tutup Pabrik Mobilnya di Filipina

Ekonomi dan Bisnis 24 February 2020 09:59 WIB

Pabrikan otomotif asal Jepang, Honda berencana menutup salah satu pusat produksinya di Santa Rosa, Filipina. Penutupan akan dilakukan per Maret 2020.

Pabrik di Santa Rosa ada di bawah kendali Honda Cars Phillipines Inc (HCPI). Tempat itu memproduksi mobil jenis sport utility vehicle (SUV) BR-V dan dan sedan Honda City.

Melalui laman resmi perusahaan, Honda menuliskan alasan mengapa pabrik di Filipina ditutup.

"Dalam memenuhi kebutuhan pelanggan Honda di Filipina untuk produk dengan harga terjangkau dan berkualitas, Honda mempertimbangkan alokasi dan distribusi sumber daya yang efisien," tulis Honda dalam laman resmi perusahaan, Sabtu, 22 Februari 2020, petang.

"Karena itu, setelah mempertimbangkan upaya optimalisasi dalam operasi produksi di wilayah Asia dan Oseania, Honda memutuskan untuk menutup operasi manufaktur HCPI," sambung pernyataan Honda.

Meski ditutup, namun pabrikan otomotif ini tetap melanjutkan penjualan mobilnya di Filipina, sekaligus memberikan pelayanan purna jual kepada pelanggannya di wilayah tersebut.

"HCPI akan melanjutkan penjualan mobil dan layanan purna jualnya di Filipina, melalui jaringan regional Honda Asia dan Oseania," kata Honda.

HCPI didirikan pada November 1990 dengan investasi 1,9 miliar Peso Filipina. Pabrik itu butuh waktu dua tahun untuk mulai berproduksi pada 1992, dilansir dari Antaranews.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 May 2020 19:05 WIB

Tumben, Jumlah Pasien Positif di RS Unair Berkurang

Jawa Timur

Jumlah pasien di RS Unair menurun 12 orang, pertama kali setelah PSBB.

26 May 2020 19:03 WIB

Ganjar Pastikan Mall Jalankan New Normal

Nusantara

Ganjar mengunjungi Mall untuk memastikan penerapan New Normal.

26 May 2020 18:55 WIB

Presiden: Harus Ada Keinginan Kuat Menuju Tatanan Baru

Nasional

Akan melibatkan TNI untuk mendisiplinkan warga.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.