Informasi bahwa Hamzah Haz meninggal dunia adalah hoaks. (Istimewa)

Hoaks, Hamzah Haz Meninggal Dunia

19 Oct 2020 18:23

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Sejak pagi beredar informasi yang menyebut mantan Wakil Presiden Hamzah Haz meninggal dunia. Informasi tersebut beredar di grup-grup WhatsApp  serta platform medsos lainnya.

"Innalilahi wa inna ilaihi Raji'un, telah meninggal dunia Wakil Presiden ke 9 H.Hamzah Haz hari ini Senin 19 Oktober 2020 13.45 WIB. di Jakarta (Putra Ketapang Kalimantan Barat)" demikan salah satu unggahan akun di Twitter, @Ipung yang muncul Senin pagi.

Benarkah informasi tersebut?


Wakil Sekretaris Jenderal PPP Ade Irfan membantah kabar Hamzah Haz meninggal.

Demikian juga Priyo Sambadha, mantan ajudan ajudan presiden keempat RI KH Abdurrahman Wahid, melalui akun Twitternya @PSambadha juga menyatakan kabar tersebut adalah hoaks.

Saya banyak menerima pertanyaan ttg rumor yg beredar bahwa Mantan Wapres Hamzah Haz meninggal dunia. Beliau memang sedang dirawat di RS tapu alhamdulillah kondisi beliau stabil. Mari kita doakan semoga beliau segera pulih sehat kembali. Amin. Al Fatihah. Tulis  Priyo Sambadha, melalui akunnya di Twitter, @PSambadha.

Memang, Hamzah Haz telah mengalami penurunan kesadaran sehingga dirawat di ruang perawatan intensif (ICU) untuk mendapatkan perawatan khusus di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

Dr. H. Hamzah Haz, M.A., Ph.D, 80 Tahun, adalah Wakil Presiden Republik Indonesia kesembilan yang menjabat sejak tahun 2001 mendampingi Presiden Megawati. Hamzah Haz menjabat sebagai Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan tahun 1998–2007. (an/nis)