Ikan raksasa Arapaima sisik berwarna merah ini sempat menghebohkan warga Pekanbaru. (Foto: Facebook/damascosiregar siagaan)

Heboh Penemuan Ikan Raksasa ‘Titisan Dewa’

Nasional 26 July 2018 15:06 WIB

Foto dan video yang menampilkan seekor ikan raksasa diangkut dengan sepeda motor telah viral di media sosial, hari ini, Kamis 26 Juli. Diperkirakan ikan bersisik warna kemerahan tersebut mencapai hampir 3 meter.

Jika diperhatian, ikan raksasa itu mirip Arapaima Gigas, jenis ikan yang beberapa waktu lalu menjadi perhatian masyarakat di sekitar sungai di Mojokerto dan Sidoarjo, Jawa Timur.

Dari informasi yang dihimpun dari status akun Facebook, @helthi epy sipayung, ikan itu berasal dari sebuah kolam di daerah Palas, Pekanbaru, Riau.

“Ikan mati... ludes dia puluhan juta,” tulis Helthi Epy Sipayung yang dalam akun Facebooknya membagikan beberapa foto ikan bersisik kemerahan itu.

Tidak diketahui bagaimana ikan asli Sungai Amazon itu bisa mati. Saat dimasukkan ke dalam keranjang besi kecil yang ada di sebuah sepeda motor, ikan itu menjadi perhatian warga sekitar.

Beberapa warga yang mengunggah ulang foto dan video ikan ini ada yang salah menyebut ikan itu adalah ikan arwana.

Namun, rekaman video ikan raksasa tersebut viral setelah diunggah oleh seorang pemilik akun Facebook @Damasco Siregar Siagian. Dalam keterangan video dan foto yang diposting itu, sang pemilik akun menjelaskan jika ikan tersebut ditangkap dari Sungai Siak.

“Penemuan ikan besar di Sungai Siak semua warga heboh akan penemuan tadi pagi kurang lebih jam 08.00 WIB,begitu keterangan yang dituliskannya.

Dalam sebuah video terlihat beberapa orang mencabuti sisik ikan mati itu. Pria bernama Maju Sinaga itu mengaku mengambil sisik tersebut untuk jimat.

Keluarga Sinaga rupanya percaya ikan ini adalah sampan bagi leluhur mereka itu. Ia mengaku tidak perduli jika orang lain menganggap aneh perlakuan mereka terhadap si ikan raksasa.

“Biarlah orang menganggap orang aneh. Ini kepercayaan kami. Memang sudah sejak dulu begini,” katanya.

Belum diketahui hendak dikemanakan bangkai ikan itu. Seorang warga berpesan pada pria yang pembawa motor agar nantinya tidak memakan bangkai ikan itu. “Jangan dimakan ya, Pak!” katanya.

Arapaima, pirarucu, atau paiche (Arapaima gigas) adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan.

Ikan ini dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan berat 200 kilogram dan merupakan ikan predator. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Mar 2020 16:10 WIB

Wabah Corona, Tiga CEO ini Ikut Sumbang Masker

Internasional

CEO Apple, Facebook, dan Amazon sumbang masker untuk tim medis.

09 Mar 2020 14:15 WIB

Facebook dan Instagram Larang Iklan Masker dan Obat Corona

Teknologi dan Inovasi

Facebook dan Instagram larang iklan masker dan obat corona.

07 Mar 2020 13:30 WIB

Apple, Google dan Facebook Minta Karyawan Kerja dari Rumah Saja

Internasional

Untuk hindari tertular virus corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.