Ilustrasi Jeep Wrangler Rubicon. (Foto;
Ilustrasi Jeep Wrangler Rubicon. (Foto;

Heboh Bupati Karanganyar Ingin Mobil Dinas Rubicon Rp1,9 M

Ngopibareng.id Nasional 06 December 2019 11:29 WIB

Dalam waktu dekat sebuah mobil Jeep mewah merek Rubicon, bakal menjadi kendaraan dinas Bupati Karanganyar Juliyatmono sehari-hari.

Kendaraan dinas kepala daerah termewah se-Soloraya ini harganya mencapai Rp2,1 miliar. Sebelum berencana membeli Rubicon, Bupati Karanganyar pun membeli mobil Toyota Fortuner sebagai kendaraan dinasnya.

Dana itu merupakan alokasi pengadaan kendaraan dinas anggaran perubahan tahun 2019. Meski mendapatkan kritikan pedas dari sejumlah kalangan di Karanganyar, namun pengadaan kendaraan dinas Rubicon terus berjalan.

Bahkan sudah dilakukan lelang secara terbuka sebanyak empat kali. Dari empat kali lelang, barulah muncul penawaran terendah senilai Rp1,9 miliar.

Bupati Karanganyar Juliyatmono belum bersedia memberikan keterangan banyak menyangkut polemik kendaraan dinas baru bermerek Rubicon. Ia diketahui mengikuti Munas X Golkar di Jakarta.

Spesifikasi Jeep Wrangler Rubicon

Jeep Wrangler Rubicon dirilis di Indonesia oleh PT Hascar International Motor pada April 2019. Kendaraan ini akan jadi mobil dinas Bupati Karanganyar merupakan varian tertinggi. Varian lain yang ada di bawahnya antara lain Sport dan Sahara.

Saat diluncurkan Jeep Wrangler Rubicon ini diberi banderol Rp 1,599 miliar (off-the road).
Sebagai kasta tertinggi, tak heran Jeep Wrangler Rubicon dibekali sejumlah fitur yang memastikan kemampuan off-road terbaik.

Sistem penggerak empat roda part-time bernama Rock-Trac dilengkapi dengan dua differential locker di depan dan belakang.

Fitur ini bisa diaktifkan dengan tombol di dasbor. Plus aplikasi gardan belakang Dana 44 HD generasi ketiga dengan rasio 4,10:1 dan pelek alloy 17 inci BF-Goodrich Mud-Terrain T/A KM2 255/75 R17.

Fitur ini didukung ground clearance yang tinggi (sekitar 274 mm), approach angle maksimal 44 derajat, dan mampu menghadapi obstacle hingga bersudut 27,8 derajat.
Kemampuan off-road Jeep Wrangler Rubicon yang bakal jadi mobil dinas bupati Karanganyar juga didukung mesin 4-silinder 1.995 cc direct injection turbo.

Mesin 2.000 cc Jeep Wrangler ini mampu menghasilkan tenaga 270 dk dan torsi 400 Nm.
Torsi sebesar ini karena hadirnya teknologi eTourque pada mesin empat silinder segaris Jeep Wrangler 2018.

Teknologi eTorque ini membantu kerja mesin dalam mengolah bahan bakar, performa, dan ketika sistem start/stop aktif.

Turbo yang dipakai jenis twin-scroll dan low intertia dengan wastegate elektronik untuk memberikan respons yang sigap di berbagai kondisi jalan. Mesin ini dilengkapi transmisi otomatis 8-speed.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Dec 2019 05:25 WIB

'Kendaraan Perang' Bupati Karanganyar Rp1,98 Miliar

Nasional

Jeep Wrangler Rubicon warna oranye parkir di halaman kantor Bupati Karanganyar.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...