Longsor yang terjadi di jalur menuju Gunung Ijen (foto:Pusdalops BPBD Banyuwangi)

Bahaya! Jalan Menuju Gunung Ijen Longsor

07 Jul 2020 22:25

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Musibah tanah longsor terjadi di jalur menuju Gunung Ijen dari arah Banyuwangi. Tanah longsor ini akibat hujan yang terjadi pada Senin, 6 Juli 2020 sore hingga Selasa, 7 Juli 2020 pagi. Akibat longsor ini ada bagian badan jalan amblas tergerus air.

"Kejadiannya mulai kemarin. Cuma tadi siang semakin besar. Karena hujan mulai pukul 17.00 WIB sore sampai dinihari," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharam, Selasa, 7 Juli 2020.

Dia menambahkan, selain faktor hujan deras, tanah longsor ini juga dipicu bekas kebakaran hutan yang terjadi pada November 2019 lalu. Kebakaran itu menimbulkan lahan terbuka.

"Sehingga saat terjadi hujan dengan volume air besar langsung masuk ke sungai Banyu Linu yang ada di hutan tersebut," katanya.

Tanah longsor ini berada di tebing atau jurang yang berada persis di sebelah jalan menuju ijen. Akibatnya, bagian tepi jalan ikut mengalami longsor. Kondisi ini cukup membahayakan bagi kendaraan yang melintas di jalur tersebut.

Saat ini, kata Eka, tim dari BPBD Banyuwangi sedang melakukan pembersihan batang pohon yang menghalangi jalan. Target awal jalan menuju Ijen ini tetap bisa diakses agar jalur pariwisata menuju gunung Ijen bisa berjalan.

"Jalan tetap bisa dipakai cuma harus hati-hati dan harus buka tutup harus satu jalur, harus bergantian," katanya.

Untuk tebing yang longsor, menurutnya akan segera diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum. Untuk perbaikan longsorannya diperkirakan akan memakan waktu satu hingga dua Minggu.