Presiden Jokowi bersama Muhaimin Iskandar. Foto : istimewa
Presiden Jokowi bersama Muhaimin Iskandar. Foto : istimewa

Hasto : Jokowi Dengarkan Masukan Kiai Nusantara

Ngopibareng.id Politik 06 August 2018 07:20 WIB

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendengarkan masukan kiai yang meminta Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) mengajukan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, sebagai calon wakil presiden.

"Ya, kalau kita lihat rekomendasi, kan merupakan hal yang wajar dan merupakan bagian aspirasi. Kami meyakini Pak Jokowi akan mendengarkan masukan-masukan tersebut," ujar dia seperti dikutip antara Senin 6 Agustus 2018.

Jokowi dia nilai mendengarkan semua pihak sehingga ketika mengeluarkan keputusan sudah melalui perenungan yang mendalam, pertimbangan matang dan memperhatikan seluruh masukan-masukan yang diterima.

Hasto yakin seluruh ketua umum partai sepakat pada pilihan pasangan calon wakil presiden pasangan Jokowi karena pemilihan calon dilakukan dengan jernih dan jelas.

Untuk itu, siapa pun nanti yang diputuskan Jokowi, tidak hanya dilihat figurnya, ucap Hasto, tetapi sebagai konfigurasi kekuasaan ke depan untuk mengelola negara.

Sebanyak 95 kiai meminta PBNU mengajukan Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presiden Jokowi saat menemui Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di Kantor PBNU, Jakarta, Sabtu 4 Agustus 2018 malam.

Usai pertemuan tertutup, KH Anwar Iskandar selaku juru bicara menyatakan para kiai dan juga PBNU sepakat untuk mengajukan Muhaimin sebagai cawapres Jokowi representasi NU.

"Para kiai dan PBNU menyepakati kalimatin wahidah wa shaffin wahidah (satu bahasa dan satu barisan) mendukung dan mengawal Cak Imin menjadi cawapres," kata Kiai Anwar.

Menurut dia, terdapat kesempatan emas untuk membangun dan membesarkan NU apabila Muhaimin Iskandar menjadi cawapres pasangan Jokowi.

Kiai Anwar berharap Kiai Said Aqil meneruskan aspirasi itu, yang disebutnya sebagai aspirasi warga dan jamaah NU seluruh Nusantara, kepada Jokowi.(ant)

Penulis : Wahidin

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Feb 2021 14:21 WIB

Kerumunan Kunker Presiden Jokowi Disentil, Ini Penjelasan Istana

Nasional

Istana buka suara soal kerumunan kunker Presiden Jokowi di NTT.

24 Feb 2021 14:00 WIB

Camelia Habibah Dorong Kader Perempuan Jadi Ketua DPC PKB

Politik

Ia ingin partai background NU itu bisa beri kesempatan kader wanita.

23 Feb 2021 18:29 WIB

Presiden: Pandemi Harus Dihadapi Bersama

Nasional

Presiden ingatkan vaksinasi bukanlah satu-satunya jalan keluar.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...