Hasil survei elektabilitas para calon gubernur Jawa Timur oleh Indobarometer. (Foto: Indobarometer)
Hasil survei elektabilitas para calon gubernur Jawa Timur oleh Indobarometer. (Foto: Indobarometer)

Hasil Survei IndoBarometer, Gus Ipul-Puti Guntur Makin Optimis Menang

Ngopibareng.id Jawa Timur 04 April 2018 14:33 WIB

Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno, nomor 2, semakin optimis dengan hasil survei IndoBarometer yang menempatkan keduanya unggul 5,7 persen.

“Selisih itu di atas margin error. Kami yakin, di masyarakat terjadi peningkatan dukungan pada kami. Tapi, dari survei itu juga, kami mendapat banyak bahan evaluasi. Semacam feed back,” kata Gus Ipul di Surabaya, Rabu, 4 April 2018.

Seperti dirilis kemarin di Jakarta, IndoBarometer melakukan survei 29 Januari-4 Februari. Hasilnya, Gus Ipul-Puti Guntur mendapatkan 45,2 persen. Sedang Khofifah-Emil 39,5 persen.

“Sejak pendaftaran di KPU Jawa Timur, 10 Januari, kami bergerak aktif. Partai-partai politik bergerak. Para relawan dan unsur-unsur masyarakat juga aktif membangun dukungan,” kata Gus Ipul.

Dengan fakta di atas, lanjut pendamping Gubernur Pakde Karwo itu, maka dipastikan terjadi penambahan arus dukungan di masyarakat. IndoBarometer juga memprediksi, sebesar 15,3 persen belum memiliki pilihan jelas. Dan, masih ada sisa waktu 2 bulan 23 hari.

“IndoBarometer menskenariokan, jika prosentase suara warga yang belum memilih dibagi dua secara proporsional dengan pasangan sebelah, maka kami potensial mendapat hasil akhir 52,85 persen,” kata Gus Ipul.

Di pihak lain, Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno juga menyambut baik atas hasil survei IndoBarometer. “Kami mendapatkan masukan baik tentang fakta-fakta di masyarakat yang dipotret dari hasil survei itu,” kata Puti.

Sejumlah isu penting, misal, kebutuhan lapangan kerja ternyata mendapat prosentase tertinggi, sebesar 27,5 persen. “Maka, di Pilkada ini, menjadi kontestasi ide, bagaimana mengatasi isu lapangan kerja. Gus Ipul dan saya telah menyusun berbagai program untuk kebijakan ke depan,” kata Puti.

Program kerja itu, kata, diberi nama Pak Kardiman. Kependekan dari peluang kerja di mana-mana. Meliputi penyerapan tenaga kerja usia produktif, program magang SMK, perbaikan upah buruh dan perlindungan pekerja migran. Serta pendirian balai-balai latihan kerja.

“Masih banyak program kerja Gus Ipul dan saya, yang pada muaranya untuk meningkatkan ekonomi UMKM, ibu-ibu rumah tangga hingga atensi untuk mengurangi kesenjangan wilayah,” kata Puti.

Puti juga bersyukur, kepuasan masyarakat atas kinerja Gus Ipul mencapai tinggi, yakni 76,5 persen.

“Itu menunjukkan, yang dilakukan Gus Ipul pada 2 periode mendampingi Gubernur Pakde Karwo, dirasakan manfaatnya oleh rakyat Jawa Timur. Dan, mendapat respon positif,” kata Puti.

Puti mengingatkan seluruh masyarakat dan pendukung Gus Ipul dan dirinya, bahwa waktu menunggu Pilkada Jawa Timur masih lama.

“Banyak hal harus dijaga. Kita jaga dengan baik, dan kita tingkatkan. Semoga Allah SWT memberkahi perjuangan kita semua,” Puti di Ponorogo tadi siang. (amr)

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Dec 2020 18:42 WIB

Charta Politika: Survei ErJi Jauh Tinggalkan MAJU

Pilkada

Elektabilitas Eri-Armuji terus naik.

03 Dec 2020 20:00 WIB

Er-Ji Unggul di Dua Survei, Jubir: Rakyat Ingin Program Dilanjut

Pilkada

program yang dimaksud adalah program kerja Bambang dan Risma selama ini

03 Dec 2020 19:00 WIB

Indo Survey & Strategi: Er-Ji Ungguli MA-Mujiaman 20,22 Persen

Pilkada

elektabilitas Eri-Armuji 47,95 persen, MA-Mujiaman 27,73 persen

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...