Charles Leclerc keluar sebagai pemenang F1 GP Belgia 2019 (Foto: Twitter/F1)

Hasil Race F1 GP Belgia 2019, Charles Leclerc Pertama Kali Juara

F1 02 September 2019 05:30 WIB

Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc, akhirnya meraih kemenangan perdana di Formula One (F1). Driver 21 tahun ini sukses memenangi balapan seri ke-13 Formula 1 GP Belgia 2019 di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu 1 September 2019.

Ini menjadi hari bersejarah bagi sang pebalap. Sebab, podium GP Belgia 2019 menjadi kemenangan pertama Leclerc sepanjang kariernya pada ajang F1.

Adapun bagi Ferrari, kemenangan yang diraih pebalap mudanya itu membuat mereka memutus puasa kemenangan yang berlangsung selama setahun terakhir.

Charles Leclerc mampu tetap tenang di bawah tekanan Lewis Hamilton sehingga finis dengan selisih amat tipis 0,981 detik.

Sementara itu posisi kedua dan ketiga secara berturut-turut diisi oleh duo Mercedes, yaitu Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Hasil Balapan

Putaran pertama GP Belgia 2019 langsung memakan korban, yakni Max Verstappen yang mobilnya bersentuhan dengan Kimi Raikkonen di hairpin atau tikungan pertama. Pembalap berkebangsaan Belanda itu gagal melanjutkan lomba karena kerusakan suspensi.

Situasi tersebut sempat membuat safety car masuk lintasan untuk menetralkan lomba. Setelah periode mobil pengaman, Charles Leclerc langsung melaju dan membuka jarak di depan rekan setimnya, Sebastian Vettel.

Charles Leclerc dan Lewis Hamilton berturutan masuk pit pada putaran 22 dan 23.
Taktik mengganti ban dari soft ke medium,  membuat Charles Leclerc berhasil mengejar Sebastian Vettel. Scuderia Ferrari kemudian meminta pembalap asal Jerman itu memberi jalan pada putaran 27. Nahas bagi Sebastian Vettel, bannya mulai aus di pertengahan lomba.

Kondisi tersebut dimanfaatkan Lewis Hamilton untuk mengejarnya. Upaya juara dunia 2018 itu berbuah pada putaran ke-32. Dengan dibantu drag reduction system (DRS), Lewis Hamilton menyalip Sebastian Vettel di trek lurus.

Setelah melewati Vettel, Hamilton terus mempersempit jarak dengan Charles Leclerc. Beruntung, pembalap asal Monaco itu tetap tenang di bawah tekanan Hamilton untuk finis terdepan di F1 GP Belgia 2019 sekaligus meraih kemenangan perdananya di F1.

Posisi ketiga ditempati oleh Valtteri Bottas yang mampu melewati Sebastian Vettel, tidak lama setelah Lewis Hamilton. Lima besar dilengkapi oleh pembalap Red Bull Racing, Alexander Albon, yang menjalani debut bersama tim tersebut.

Duka Kematian Anthoine Hubert

Baru saja pecah telur dengan meraih kemenangan perdana di F1, tetapi Charles Leclerc tak bisa sepenuhnya bahagia. Sebab, salah satu temannya yakni Anthoine Hubert baru saja menghembuskan napas terakhir di Sirkuit Spa-Francorchamps, Sabtu 31 Agustus 2019, malam WIB.

Pembalap Arden International itu meninggal dunia usai terlibat kecelakaan tragis yang terjadi di Feature Race F2 GP Belgia. Anthoine Hubert yang sedang memperebutkan posisi 10 menabrak dinding pembatas di tikungan Radillon.

Benturan keras membuat mobil Hubbert kembali ke lintasan sehingga tanpa sengaja ditabrak pembalap Sauber Junior, Juan Manuel-Correa, yang sedang melaju kencang di belakangnya.

Mobil Hubert terbelah dua karena tabrakan terjadi dengan amat keras. Kemudian mobil Correa menyerempet mobil pembalap Trident Racing, Giuliano Alesi, dalam kecepatan tinggi. Ketiga pembalap itu langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Nyawa Correa dan Alesi selamat sedangkan Anthoine Hubbert jadi satu-satunya korban jiwa dalam kecelakaan itu.

Charles Leclerc dan Anthoine Hubbert merupakan teman seangkatan. Tak ayal kemenangan perdana Charles Leclerc di F1 dipersembahkan untuk Anthoine Hubbert sebagai bentuk penghormatan terakhir.

“Di satu sisi, mimpi yang saya miliki sejak masih anak-anak telah terwujud, tetapi di sisi lain itu adalah akhir pekan yang sangat sulit. Saya tumbuh bersama Anthoine (Hubert) dan saya ingin mempersembahkan kemenangan saya untuknya,” ujar Leclerc, seperti yang dikutip dari twitter @F1.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Apr 2020 11:36 WIB

Menangi Debut Balapan F1 Virtual, Leclerc Akui Berkeringat

F1

Menurutnya sangat sulit karena butuh konsentrasi tinggi

05 Apr 2020 19:28 WIB

Leclerc Akui Kurang Sabar di Musim Pertamanya Bersama Ferrari

F1

Pembalap muda ini tak mau melakukan kesalahan yang sama

24 Dec 2019 21:26 WIB

Charles Leclerc Dikontrak Ferrari hingga 2024

F1

Ferrari teken kontrak terpanjang di musim F1 2020.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...