Sebastian Vettel. (Foto: Twitter/@

Hasil F1 Singapura: Vettel Juara, Ferrari Finis 1-2

F1 22 September 2019 22:44 WIB

Balapan Formula 1 GP Singapura pada Minggu 22 September 2019 dimenangi Sebastian Vettel. Pembalap Ferrari itu berhasil finis tercepat di sirkuit jalan raya, Marina Bay itu. 

Ia mengungguli rekan setimnya, Charles Leclerc yang berada di posisi kedua. Sementara podium ketiga ditempati Max Verstapen yang memenangi pertarungan dengan Lewis Hamilton.

Mengawali balapan dari posisi terdepan, Leclerc sebetulnya cukup berhasil. Ia terus memimpin balapan usai start, dengan Vettel dan Hamilton menguntit di posisi kedua, dan ketiga.

 

Namun ketika memasuki memasuki tikungan kedua, Hamilton mengambil alih posisi kedua setelah berhasil menyalip Vettel. Sementara di belakangnya, ada Max Verstappen dan Valtteri Bottas yang terus menempel.

Situasi tidak berubah hingga balapan melewati 20 putaran. Hamilton kemudian mengambil alih pimpinan lomba setelah Leclerc masuk pit, sebelum keluar untuk menempati posisi ketiga di belakang Vettel.

Pembalap Jerman itu kemudian berada di barisan terdepan setelah Hamilton masuk pit, diikuti Leclerc, dan Verstappen. Hamilton sendiri berada di posisi keempat di depan Bottas dan Albon ketika keluar dari pit.

Namun insiden yang melibatkan Ricciardo dengan Giovinazzi di tikungan 7, putaran ke-34 memaksa Safety car keluar, di mana Vettel masih memimpin balapan di depan.

Di putaran ke-45, safety car kembali keluar setelah Sergio Perez terpaksa menepi ke pinggir lintasan sebelum retired. Posisi belum berubah, Vettel terdepan diikuti Leclerc, Verstappen, dan Hamilton membuntuti di posisi ketiga dan keempat.

Insiden lain dialami Kimi Raikkonen di 10 putaran terakhir. Menyusul serangan Daniil Kvyat. Saat kejadian, Vettel tetap melaju di posisi terdepan, dan masih dibuntuti Leclerc, yang hanya berjarak kurang dari sedetik di posisi kedua.

Duel sengit terjadi antara Verstappen dan Hamilton yang berebut posisi ketiga. Dengan hanya hanya terpaut 0,7 detik, kedua pembalap saling serang ketika balapan memasuki dua putaran terakhir.

Sementara Vettel semakin menjauh dari kejaran Leclerc dengan selisih lebih dari dua detik. Keunggulan itu membuat Vettel tak terhentikan untuk menyentuh garis finis tercepat

Vettel pun tampil sebagai juara untuk pertama kalinya di F1 GP musim ini setelah berkali-kali gagal. Leclerc berada di posisi kedua, dengan Verstappen melengkapi podium setelah mencium garis setelah finis di urutan ketiga. Sementara duo Mercedes, Hamilton dan Bottas gagal podium setelah hanya finis di tempat keempat dan kelima.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Jul 2020 06:00 WIB

F1 GP Styria, Kemenangan Perdana Hamilton Musim Ini

F1

Sejak awal balapan, Lewis Hamilton tampil dominan.

13 Jul 2020 05:28 WIB

Start Turun 3 Posisi, Charles Leclerc Apes Nabrak Vettel

F1

Nasib apes Charles Leclerc dan tim Ferrari di F1 GP Styria 2020.

12 Jul 2020 12:36 WIB

Turun 3 Posisi, Penalti Leclerc dan Lando Norris di F1 GP Styria

F1

Charles Leclerc dan Lando Norris diganjar penalti saat sesi kualifikasi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...