Aritz Aduris. (Foto: Twitter/@AritzAduris11)

Harus Operasi Pinggul, Aritz Aduriz Gantung Sepatu Lebih Awal

Liga Spanyol 21 May 2020 10:12 WIB

Aritz Aduriz secara resmi mengumumkan pensiun dari sepak bola. Keputusan pemain berusia 39 tahun itu didasari oleh saran dokter agar dia segera menjalani operasi pengganti pinggul.

Semula pemain paling senior di Atletic Bilbao itu berencana gantung sepatu pada akhir musim 2019/2020, dengan keyakinan dirinya bisa menjadikan duel final Copa del Rey lawan Real Sociedad sebagai laga perpisahan.

Namun, pandemi virus corona tampaknya membuat mimpi yang ia rajut berantakan. Dengan kondisi yang tidak pasti seperti sekarang, serta belum adanya kepastian kapan final itu digelar, Aduriz tak ingin menunggu lebih lama.

“Waktunya telah tiba,” tulis Aduriz dalam caption foto masa kecilnya di akun Twitter pribadinya seperti dikutip dari Marca.

“Sering kali saya katakan, sepak bola akan meninggalkan Anda sebelum Anda meninggalkannya,” tambah Aduriz.

Aduriz mengungkapkan, bahwa ia mendapat saran dari dokter pada Selasa 19 Mei 2020 waktu setempat agar segera menemui dokter bedah secepatnya.

“Untuk mendapatkan prostetik sebagai pengganti pinggul (yang cedera) dan mencoba untuk menjalani kehidupan saya senormal mungkin,” katanya.

“Sayangnya, tubuh saya mengatakan cukup,” ujar Aduriz.

Dengan keputusan ini, Aduriz tidak bisa membantu rekan setimnya di final Copa del Rey maupun dalam lanjutan kompetisi La Liga. Padahal, ia sangat ingin menyelesaikan semua pekerjaannya di musim ini.

Namun baginya, ini sebuah risiko yang harus dia jalani. “Itulah kehidupan seorang atlet profesional. Sederhana, sangat sederhana,” katanya.

"Sayangnya, kita hidup dalam situasi yang jauh lebih suram dan menyakitkan. Pandemi yang kita derita telah meninggalkan kita dengan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki dan kita harus terus berjuang, bersama.

"Karena itu, aku tidak ingin kamu mengkhawatirkanku,” tuturnya.

"Mari kita lupakan final yang kita impikan, karena kita akan punya waktu untuk mengucapkan selamat tinggal. Dan ya, saatnya telah tiba untuk mengucapkan selamat tinggal, dan beginilah jalan berakhir untukku - tak terlupakan dan luar biasa, dari awal hingga akhir.”

"Terima kasih, dari lubuk hatiku."

Aduriz kini menjadi legenda Athletic Bilbao. Ia juga mengukuhkan dirinya sebagai penyerang asli Spanyol tersubur kedua La Liga di abad ke-21. Aduriz mencetak 158 gol dalam karier profesionalnya. Catatan itu hanya kalah dari David Villa yang mengemas 186 gol saat memutuskan pensiun. 

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jun 2020 02:00 WIB

Sinopsis Touch Your Heart: Jung Rok dan Yoon Seo Pacaran Lagi

ngopiK-pop

Jung Rok dan Yoon Seo kembali menjalin asmara secara diam-diam.

05 Jun 2020 01:36 WIB

Rasisme, Memang Jadi Dosa Asal Amerika (2)

Khazanah

Refleksi Imam Shamsi Ali, Direktur Jamaica Muslim Center

05 Jun 2020 01:00 WIB

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI, Persiapan UTBK SMA

Pendidikan

Siswa SMA diberi materi persiapan UTBK.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...