Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menjadi orang pertama yang datang ke Istana Negara, Senin 21 Oktober 2019. Ia memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon menteri.

Harta Mahfud MD Rp 6,2 M dan 72 Ribu USD

Nasional 22 October 2019 16:50 WIB

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD pernah memakai kemeja putih, salah satu ciri khas Presiden Jokowi dan orang-orang di sekelilingnya.

Mahfud MD dengan langkah ringan berjalan masuk ke Istana Merdeka, Jakarta. Saat itu menjelang maghrib pada awal bulan Agustus 2018. Bertepatan dengan detik-detik pengumuman calon pendamping Jokowi menghadapi Pemilu 2019 lalu.

Jokowi sempat berteka-teki, calon pendampingnya berinisial M. Jelas ini identik dengan Mahfud MD. Namun dalam hitungan menit, apa yang dinanti Mahfud MD berbanding terbalik. Jokowi memilih KH Ma'ruf Amin sebagai pendampingnya.

Beberapa hari setelahnya Mahfud MD buka-bukaan soal drama politik itu. Istilah para YouTuber, Mahfud MD seperti kena 'prank'.

Tak takut kena 'prank' lagi, Mahfud MD menjadi orang pertama yang datang ke Istana Merdeka, Senin 21 Oktober, atau sehari usai pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Pria 62 tahun ini mengenakan kemeja putih. Ia disebut menerima 'pinangan' Jokowi sebagai salah satu calon menterinya.

Ia mengaku diminta Jokowi untuk mengisi salah satu pos menteri di kabinet Jokowi jilid 2.
"Saya diminta membantu beliau untuk menjadi salah seorang menteri," kata Mahfud MD.
"Rabu dikenalkan ke publik dan langsung dilantik," imbuhnya.

Menilik Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara di situs Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mahfud MD tiga kali melaporkan hartanya semasa menjabat sebagai Ketua MK.

Pada tahun pertamanya menjadi hakim konstitusi pada 2008, harta Mahfud tercatat berjumlah Rp 6,2 miliar dan US$72 ribu.

Harta ahli hukum tata negara itu terdiri dari 14 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Sleman dan Jakarta dengan nilai Rp3,1 miliar. Ia juga memiliki 3 motor dan 6 mobil dengan nilai Rp602 juta. Selain itu, Mahfud juga memiliki giro atau kas senilai Rp2,3 miliar dan US$72 ribu.

Tiga tahun kemudian hartanya bertambah menjadi Rp11 miliar. Pada tahun terakhir menjadi Ketua MK pada 2013, harta Mahfud MD bertambah menjadi Rp15 miliar. Hartanya terdiri dari 14 bidang tanah dan bangunan senilai Rp4,2 miliar. Enam mobil dan 1 motor mengisi garasinya ditaksi bernilai Rp777 juta.

Mahfud MD juga memiliki harta bergerak berupa logam mulia sejumlah Rp73 juta dan uang kas atau giro senilai Rp9,9 miliar dan US$104 ribu.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Aug 2020 22:33 WIB

Mahfud MD: Bintang Jasa pada Fadli Zon dan Fahri Hamzah Sesuai UU

Nasional

Menkopolhukam Mahfud MD menilai pemberian bintang jasa sudah sesuai UU.

08 Aug 2020 17:58 WIB

Nakes yang Meninggal Dapat Bintang Jasa dan Santunan Rp 300 Juta

Nasional

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, tahap pertama diberikan pada 22 orang.

16 Jul 2020 14:58 WIB

Pemerintah Serahkan Surpres Tentang Usulan RUU BPIP ke DPR-RI

Politik

Pemerintah diwakili Mahfud MD, DPR-RI diwakili ketuanya, Puan Maharani.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...