Harry Kane Satu-Satunya Pemain Inggris Nominator Ballon d'Or

09 Oct 2018 17:15 Dunia

Dalam 10 tahun terakhir, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi bersaing ketat dalam peraih penghargaan Ballon d'Or. Nyaris tidak ada pemain lain yang mampu merusak dominasi mereka.

Kini, penghargaan individu paling bergengsi di jagad sepak bola itu kembali menyertakan nama Harry Kane ke dalam 30 nominator. Keberadaan Harry Kane menjadikan penyerang Tottenham Hotspurs itu sebagai satu-satunya kandidat penerima Ballon d'Or 2018 dari Inggris.

Pemain yang bertengger di peringkat ke-10 peraih Ballon d'Or 2017 lalu itu kembali masuk dalam daftar nominator setelah penampilan impresifnya bersama Timnas Inggris di Piala Dunia 2018 Rusia. Kane juga mengantarkan tim berjulukan The Three Lions itu mencapai semifinal. Sebuah torehan hebat setelah sekian lama Inggris kerap gagal di fase penyisihan.

Kane bisa masuk ke dalam daftar nominasi karena tampil subur bersama Tottenham Hotspurs di Premier League (Liga Inggris), terhitung sebanyak 30 gol dihasilkan dari kaki dan kepala pemain 25 tahun ini sepanjang musim lalu. Kane juga meraih sepatu emas (Golden Boot) dengan 6 golnya di ajang Piala Dunia Rusia 2018 lalu.

Untuk wakil Premier League sendiri totalnya ada 11 pemain, termasuk Kane sendiri. Namun, hanya Kane yang berasal dari Inggris. Sementara 10 pemain lainnya merupakan legiun impor yang tampil untuk beberapa klub raksasa Inggris.

Selain mereka, ada dua megabintang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Messi sendiri masuk dalam nominator karena ia tampil apik sekaligus membawa Barcelona memenangi La Liga. Sedangkan kebintangan Ronaldo bisa dilihat dari kontribusi besarnya saat menjadikan Real Madrid sebagai penguasa klub Benua Biru setelah merengkuh gelar Liga Champions musim lalu.

Selain penghargaan untuk pesepak bola pria, untuk pertama kalinya Ballon d'Or juga memberikan anugerah ini untuk pesepakbola terbaik wanita.

Ada pun nama Fran Kirby, Lucy Bronze, dan Marta. Fran Kirby sendiri masuk nominasi setelah dinobatkan sebagai PFA WOmens Player of The Year. Sementara Lucy dijadikan nominasi karena prestasinya mengantarkan Olympic Lyon menjuarai Liga Champions, dan terakhir superstar Brasil dan pemain terbaik FIFA, Marta.

Daftar 30 Nominator Ballon d'Or 2018

1. Sergio Aguero (Argentina/Manchester City)

2. Alisson (Brasil/Liverpool)

3. Gareth Bale (Wales/Real Madrid)​

4. Karim Benzema (Perancis/Real Madrid)

5. Edinson Cavani (Uruguay/PSG)

6. Thibaut Courtois (Belgia/Chelsea)

7. Cristiano Ronaldo (POR / Juventus)

8. Kevin De Bruyne (Belgia/Manchester City)

9. Roberto Firmino (Brasil/Liverpool)

10. Diego Godin (Uruguay/Atlético Madrid)

11. Antoine Griezmann (Perancis/ Atlético Madrid)

12. Eden Hazard (Belgia/Chelsea)

13. Isco (Spanyol/Real Madrid)

14. Harry Kane (Inggris/Tottenham)

15. N'Golo Kanté (Perancis/Chelsea)

16. Hugo Lloris (Perancis/Tottenham)

17. Mario Mandzukic (Kroasia/Juventus )

18. Sadio Mané (Senegal/Liverpool)

19. Marcelo (Brasil/Real Madrid)

20. Kylian Mbappé (Perancis/PSG)

21. Lionel Messi (Argentina/FC Barcelona)

22. Luka Modric (Kroasia/Real Madrid)

23. Neymar (Brasil/PSG)

24. Jan Oblak (Slovenia/Atlético Madrid)

25. Paul Pogba (Perancis/Manchester United)

26. Ivan Rakitic (Kroasia/Barcelona)

27. Sergio Ramos (Spanyol/Real Madrid)

28. Mohamed Salah (Mesir/Liverpool)

29. Luis Suarez (Uruguay/Barcelona)

 

30. Raphael Varane (Perancis/Real Madrid)

Reporter/Penulis : Rizal A
Editor : Faris Mujaddid


Bagikan artikel ini