Bunga mawar diminati di hari Valentine, Jumat 14 Februari 2020. (Foto: Istimewa)

Hari Valentine Harga Bunga di Kayoon Naik Dua Kali Lipat

Hiburan 14 February 2020 11:35 WIB

Pepatah yang mengatakan “Katakan cinta dengan bunga”, pasti sudah tak asing di telinga anda. Ungkapan itu pas dengan momen Valentine yang jatuh pada Jumat, 14 Februari 2020. Nah, bunga apa yang harus diberikan pada pasangan untuk menyatakan perasaan anda?

Tak perlu bingung. Pilih bunga carnation atau anyelir, mawar putih atau merah, peony, tulip, dan daisy (aster).

Bunga-bunga yang mewakili ungkapan cinta ini bisa anda temukan di kawasan Kayoon, Surabaya. Para pedagang pun berlomba-lomba menarik perhatian pembeli dengan memadukan buket bunga dengan cokelat atau boneka yang lucu.

Tapi jangan kaget, jika harga setangkai bunga atau buket bunga plus cokelat dan boneka itu mengalami lonjakan harga. Maklum, momen Valentine yang hanya setahun sekali jadi alasan para pedagang menaikkan harga jual bunga dua kali lipat. Bunga mawar yang paling laris diburu pembeli.

"Yah ada sedikit kenaikan, Mas. Paling laris bunga mawar, biasanya Rp 2.000 per tangkai, tapi Valentine jadi naik Rp 4.000 hingga Rp 5.000,” terang Ahmad Samsuri, penjaga salah satu toko bunga di Kayoon.

Hal senada juga disampaikan Nindi Fitri. Menurutnya, persaingan harga sedikit dimaklumi di momen spesial seperti Valentine ini. "Yah kan emang gitu, Mas siklusnya, mumpung Valentine. Kalau hari biasa yang cari (bunga) sedikit, jadi agak murah," ujar dia.

Meski demikian, Nindi mengeluhkan, Valentine tahun ini tak semeriah tahun lalu. Omzet yang diperolehnya tak sebagus momen Valentine 2019. Jika tahun lalu, dia masih bisa mengantongi Rp5 jutaan. Kini, dia belum bisa menghitung keuntungannya.

"Kalau tahun lalu, biasanya menjelang Valentine yang beli belum begitu ramai. Biasanya pasa hari H-nya baru banyak yang beli. Semoga tahun ini omzetnya bagus,” harap Nindi.

Wajar jika Nindi dan penjual bunga di Kayoon berharap seperti itu. Sebab, mereka merasakan belum ada tanda-tanda lonjakan pembelian di Valentin tahun ini. “Yang pesan juga cuma satu-dua aja, orang yang beli langsung juga jarang yang buket bunga, biasanya beli yang per tangkai,” sambung Nindi.

Salah satu toko penjual bunga di Jl Kayoon Surabaya Foto Andhi Dwi SetiawanNgopibarengidSalah satu toko penjual bunga di Jl. Kayoon, Surabaya. (Foto: Andhi Dwi Setiawan/Ngopibareng.id)

Sementara kelebihan bunga hidup lebih wangi lembut namun tidak dapat bertahan lama. Tapi semua itu kembali pada selera masing-masing.

Soal harga bergantung pada keinginan jumlah bunga yang ingin dikemas dalam buket bisa dihias dengan boneka atau cokelat batangan. Rata-rata harga buket bunga murah berisi 10 mawar Rp 50.000. Semakin indah rangkaian buket bunganya maka harga juga ikut menyesuaikan.

Sementara itu, Majelis Ulama Jawa Timur sudah melarang perayaan Vanetine bagi umat Islam. Sejarah Valentine sebenarnya berasal dari kematian pastur Valentine, yang hidup di zaman Romawi kuno.

Kematiannya kemudian ditetapkan oleh Paus Gelasius I di tahun 496 C.E. Gereja Katolik mengenali tiga perbedaan pastur bernama Valentine atau Valentinus yang semuanya dirajama hingga meninggal dunia.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Apr 2020 14:53 WIB

Tambahan Pasien Positif Corona di Kota Malang adalah Tenaga Medis

Jawa Timur

Tenaga medis terjangkit di rumah sakit.

07 Apr 2020 14:38 WIB

Penambahan Fasilitas RSKI Direncanakan Selesai Dua Minggu Lagi

Kesehatan

Penambahan fasilitas ini dilakukan agar mampu memenuhi kebutuhan

07 Apr 2020 14:23 WIB

Filipina Perpanjang Lockdown Hingga 30 April

Internasional

Presiden Filipina Ridgrigo Duterte akan perpanjang lockdown hingga 30 April

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.