PILKADA SURABAYA 2020Hari Terakhir, DPD PDIP Tunggu Pengembalian Berkas hingga Malam

14 Sep 2019 20:51 Politik

Wakil Bendahara Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Jawa Timur AI Sulistyorini mengatakan, dirinya dan tim masih memberi waktu. Khususnya bagi semua orang yang mendaftar bakal calon kepala daerah Jawa Timur. Yakni, mengembalikan formulir pendaftaran ke DPD PDIP.

"Kami akan tunggu hingga pukul jam 12 malam nanti. Segera serahkan formulir hari ini," kata Rini, Sabtu 14 September 2019.

Ia mengungkapkan hal itu, setelah menerima pengembalian formulir keponakan Khofifah Indar Parawansa, Lia Istifhama.

Ia mengatakan, hingga hari ini batas pendaftaran penjaringan internal bakal calon kepala daerah PDI Perjuangan, sudah 9 orang yang ia ingat sudah mengembalikan formulir pendaftaran. Baik sebagai bacawali maupun bacawawali Surabaya.

"Sampai hari ini sudah 9 pendaftar. Demikian, kalau tidak salah, saya lupa. Kalau yang saya ingat itu Mbak Lia, lalu ada Laksamana Untung Suropati, Pak Gunawan, dan mas Ony sih yang ingat. Nanti lengkapnya saya kirim via telepon," lanjutnya.

Padahal yang mengambil formulir pendaftaran di DPD, ada 12 orang lebih kata Rini. Menurut Rini, orang-orang yang belum mengembalikan tersebut, kemungkinan masih mengurus berkas-berkas ataupun masih wait and see.

"Kemungkinannya banyak. ada yang kurang berkas, atau ya lihat kanan-kirinya. Tapi jelas, sampai nanti malam akan kami tunggu," kata Rini.

Setelah itu, menurut Rini, semua berkas para pendaftar akn diverifikasi oleh tim DPD PDI Perjuangan. Setelah berkas lengkap, para pendaftar akan diundang untuk melakukan fit and prper test pada tanggal 18-19 September 2019 di kantor DPD PDI Perjuangn Jawa Timur.

"Ini kalau berkas sudah oke, akan diundang fit and proper test ya mas. Sebelum tanggal 20 September pokoknya. Karena sebelum tanggal 23 September sudah harus kirim ke DPP hasilnya," katanya.

Ia berharap, semua pendaftar yang mendaftar di DPD PDI Perjuangan Jawa Timur bisa lolos fit and proper test. Sehingga semua nama bisa dikirimkan ke DPP untuk proses lebih lanjut.

"Saya harap semua nama bisa dikirimkan ke DPP ya. Karena kami menghargai niat mendaftar dari semua calon," katanya.

Meski begitu, ia tak menyangkal, dari 9 nama yang mengembalikan formulir, tak semuanya merupakan kader PDI Perjuangan. Bahkan Laksamana Untung, baru menjadi kader dan mendapat KTA (kartu tanda anggota) saat mengembalikan formulir pendaftaran.

"Iya bukan semua kader. Mbak Lia, Bu Dwi, Pak Gunawna itu yang saya ingat bukan kader," pungkasnya.

Berikut nama-nama pendaftar bacawali dan bacawawali Kota Surabaya yang sudah mengembalikan formulir pendaftaran di DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, yang berhasil dihimpun oleh Ngopibareng.id dari DPD PDI Perjuangan:

1. Warsito

2. Dwi Astuti

3. Laksamana Muda Untung Suropati

4. Lia Istifhama

5.  Onny Setiawan

6. Haries Purwoko

7. Ahmad

8. Gunawan STh

9. Mega Tjandra

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini