KH Tubagus Muhammad Falak (nu.or.id)
KH Tubagus Muhammad Falak (nu.or.id)

Hari Santri, Kiai Tubagus Muhammad Falak Dipakai Jadi Nama Jalan

Ngopibareng.id Nasional 22 October 2020 16:45 WIB

Momen Hari Santri Nasional digunakan Pemerintah Kota Bogor untuk mengganti nama Jalan Daarul Quran menjadi Jalan KH Tubagus Muhammad Falak. Penggantian nama digunakan untuk mengingat jasa ulama sekaligus nasional di sekitar Bogor dan Jawa Barat.  

"Hari ini adalah hari istimewa, karena secara resmi nama sesepuh, guru, dan idola kita, KH Tubagus Muhammad Falak diabadikan menjadi nama jalan di Bogor," kata Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Peresmian jalan berpusat di Pondok Pesantren Al Falak, Pagentongan, Bogor Barat, Bogor, Kamis 22 Oktober 2020.  

Jalan Daarul Quran sendiri berfungsi menghubungkan Jalan Dr Sumeru dengan Jalan Mayjen Ishak Djuarsa dan Jalan Letjen Ibrahim Adjie. Nama Jalan KH Tubagus Muhammad Falak, ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Bogor Nomor: 620.45-763/2020.

"Saya kira penggantian nama jalan ini secara simbolis memiliki banyak makna. Di sini adalah pusat tradisional dan pusat kegiatan relijius, sedangkan di sana menuju modernitas dan kegiatan nasionalis," katanya.

Ia juga menyebut, penggantian nama jalan menjadi Jalan KH Tubagus Muhammad Falak merupakan simbol dari keteladanannya sebagai sesepuh dan guru. "KH Tubagus Muhammad Falak bukan hanya seorang kiai, tetapi juga nasionalis," lanjutnya.

Di hadapan semua tamu undangan yang hadir pada peringatan Hari Santri Nasional tingkat Bogor, dia juga menyatakan permohonan maaf, lamanya proses penggantian nama Jalan KH Tubagus Muhammad Falak, karena ada persoalan teknis, mulai dari mencari ruas jalan yang tepat, kesepakatan dengan warga, legalitas, maupun aspek lain.

Di sisi lain, dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, mulai dari aparat wilayah, organisasi perangkat daerah terkait, maupun pihak keluarga, telah berkolaborasi dan bersinergi dengan semua pihak, sehingga mencapai kesepakatan pada nama jalan yang tepat.

Sementara itu, KH Tubagus Agus Faturohman Falak, selaku perwakilan dari keluarga besar KH Tubgaus Muhammad Falak, menyatakan, peresmian nama jalan tersebut menjadi kebanggaan bagi keluarga besar Al Falak. "Panjang atau pendek ruas jalan, bukan persoalan bagi kami, tapi penamaan jalan ini menjadi pengakuan bahwa kami adalah keluarga besar dari Kota Bogor," pungkasnya. (Ant)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Nov 2020 09:55 WIB

Disebut Kelelahan, Rizieq Syihab Dirawat di Rumah Sakit

Nasional

Pemkot Bogor tawarkan fasilitas PCR.

27 Nov 2020 09:39 WIB

Puasa dan Sedekah Ada Batas, Anjuran Zikir Sebanyak-banyaknya

Islam Sehari-hari

Penjelasan Ustadz Ma'ruf Khozin, Pengasuh Ponpes Aswaja Sukolilo Surabaya

27 Nov 2020 09:20 WIB

Liburkan Tim, Madura United Tunggu Jaminan Kepastian Liga

Liga Indonesia

Meski PSSI dan LIB sudah mengummkan liga digelar Februari.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...