Suasana seleksi CPNS wilayah Jatim. (Foto:Pita/Ngopibareng.id)

3.000 Peserta Ikuti Tes CPNS Jatim di Hari Pertama

Jawa Timur 08 February 2020 17:13 WIB

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Pemprov Jawa Timur di Graha Unesa dimulai pada hari ini, Sabtu, 8 Februari 2020. Ada 3.000 peserta dari total 54.600 peserta seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT), di hari pertama.

Nurkholis Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim memaparkan jika proses seleksi dibagi menjadi tiga sesi, yakni pukul 10.00, 12.00, dan 14.00. "Memang tadi untuk sesi pertama jam 8 pagi dikosongkan terlebih dahulu untuk acara pembukaan," ungkap Nurkholis, Sabtu, 8 Februari 2020.

Meski demikian Nurkholis menegaskan, sejak sesi awal hingga sesi ketiga, berjalan dengan aman tanpa kendala berarti. Panitia menyiapkan 40 komputer cadangan untuk mengantisipasi gangguan.

"Prinsipnya semua berjalan dengan aman, tanpa kendala berarti," katanya sambil memandangi CCTV untuk mengawasi keadaan.

Ia pun menjamin, jika nantinya ada gangguan dan harus berganti komputer, tidak akan merugikan peserta dalam segi waktu. Sebab peserta tinggal memasukan akun, dan data sebelumnya akan muncul kembali tanpa harus mengulang lagi.

"Jadi mereka tidak mengulang mengerjakan dari awal tapi melanjutkan, karena datanya sudah tersimpan disitu dengan memasukan akunnya," ungkapnya.

Ia berharap hari pertama yang lancar ini, akan terus berjalan hingga 18 hari kedepan. Untuk itu ia mengimbau agar peserta datang lebih awal dari waktu tes, mengingat akses menuju Graha Unesa jauh dan macet."Idealnya datang lebih awal sekitar 90 menit. Selain itu keterlambatan dalam bentuk apapun juga tidak ditoleransi oleh BKD," imbaunya.

Kedua, lanjutnya, percaya pada kemampuan diri sendiri. Jangan mudah terpegaruh dengan isu joki karena itu tidak benar. "Satu lagi jangan membawa jimat atau yang lainnya karena itu hanya sugesti dan jangan lupa berdoa," tutupnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 10:16 WIB

Nadiem NU, Nadiem Muhammadiyah

Arif Afandi

Nadiem Makarim perlu bersahabat dengan NU dan Muhammadiyah. Kenapa?

09 Aug 2020 10:10 WIB

Sinopsis Ghost Writer: Pertemuan Penulis dengan Arwah

Film

Film Indonesia berjudul Ghost Writer akan tayang malam ini.

09 Aug 2020 09:52 WIB

Itung-itungan Ganti Rugi Juventus Pecat Maurizio Sarri Rp345 M

Liga Champions

Posisi Maurizio Sarri sebagai pelatih Juventus digantikan oleh Andre Pirlo.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...