Terminal Purabaya, Surabaya. (foto: ngopibareng)

Hari Kedua Lebaran, Pemudik Masih Padati Terminal Purabaya

16 Jun 2018 19:02

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Memasuki hari kedua lebaran, Terminal Purabaya, Surabaya masih dipadati pemudik. Sementara Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) terminal Hardjo mengatakan jumlah penumpang sudah mencapai 25.000 orang hingga sore tadi.

"Lebaran hari kedua ini memang dari pagi terjadi peningkatan jumlah penumpang yang sangat luar biasa. Kalau sampai pukul 10.00 ini, penumpang sudah ada 25.000 orang," ujar Hardjo, Sabtu 16 Juni 2018.

Hardjo menambahkan dari jumlah ini terdapat peningkatan dan perbedaan tren dibanding tahun lalu. Karena biasanya, pemudik akan berangkat saat lebaran hari pertama. Namun kini banyak yang memilih untuk mudik di hari kedua lebaran.

"Ada peningkatan dibanding tahun yang lalu untuk jumlah penumpang di lebaran hari kedua," katanya.

Hardjo pun menilai, perubahan tren arus mudik ini karena lebaran hari pertama bertepatan dengan hari Jumat yang biasanya digunakan Umat Muslim untuk melaksanakan salat Jumat.

"Yang paling banyak Hari pertama lebaran itu biasanya banyak sekali, berhubung kemarin bertepatan dengan salat Jumat makanya tertunda hari ini, tahun kemarin begitu selesai salat id langsung ke terminal," lanjutnya.

Hardjo memprediksi hingga nanti malam akan ada sekitar 55.000 pemudik yang berangkat dari Terminal Purabaya. Namun kepadatan penumpang memang sudah ada sejak pagi hingga sore tadi. (hrs)