Ketua tim penggerak PKK, Lulis Irsyad Yusuf membuka festival kapiten dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Pasuruan 1090. (Foto: Dok Humas)

Hari Jadi Ke-1090, Pasuruan Gelar Festival Kapiten

Ngopibareng Pasuruan 05 October 2019 22:04 WIB

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan, Lulis Irsyad Yusuf membuka Festival Kapiten, Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman), Kontes Kambing, Festival Koi dan Pameran hasil pertanian dan peternakan, di Taman Chandra Wilwatikta Pandaan, Sabtu 5 Oktobe 2019.

Pembukaan itu ditandai dengan pemukulan gong oleh istri Bupati Pasuruan dan dilanjutkan dengan peninjauan seluruh lomba maupun stan pameran.

Menurut Lulis, kegiatan ini sengaja dijadikan satu selama 3 hari berturut-turut, mulai 4-6 Oktober 2019. Tujuannya tak lain agar para wisatawan dapat menikmati seluruh produk unggulan yang ada di Kabupaten Pasuruan. Mulai dari pertanian, peternakan hingga perikanan.

"Jadi, kalau pengunjung datang bisa one stop shopping. Berbelanja sekalian. Mulai dari sayur, buah, hasil olahan, kerajinan tangan, ikan segar dan semua produk yang ada di Kabupaten Pasuruan. Dijamin murah, karena daripada jauh-jauh ke lokasi asal, mending ke sini," kata Lulis.

Lebih lanjut, Lulis mengajak kepada para wisatawan untuk datang ke Kabupaten Pasuruan. Banyak agenda yang telah disiapkan Pemkab Pasuruan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1090.

"Ini bulan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1090. Kegiatan di Taman Chandra ini adalah satu dari banyak sekali rangkaian kegiatan yang dilaksanakan untuk memeriahkannya. Jadi silahkan datang ke sini, saya yakin semua pasti puas," katanya.

Sementara itu, untuk kontes kambing diikuti oleh 200 lebih peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Seluruh kambing yang mengikuti kontes kebanyakan berasal dari ras kali gesing, yakni peranakan kambing etawa. Sedangkan Lomba Cipta Menu B2SA diikuti oleh PKK dari 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

Begitu pula untuk festival koi diikuti oleh tak kurang dari 500 peserta dari berbagai wilayah di tanah air. Tak hanya festival, panitia juga akan melelang beberapa koi indukan yang siap dibeli dengan harga yang paling tinggi.

Bashori, Ketua Panitia Festival Koi mengatakan bahwa ada ratusan ikan koi berasal dari 17 varietas. Mereka akan memperbutkan Piala Bupati Pasuruan Cup 2019 dengan hadiah yang menggiurkan.

"Antusiasme peserta sangat tinggi. Bahkan ada yang mendaftar ketika pelaksanaan acara. Ya kami terima, karena ini bisa semakin meramaikan kompetisi," katanya. (sumber: www.pasuruankab.g.id)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 May 2020 19:48 WIB

Jelang New Normal, Pemkab Pasuruan Bentuk Desa Kebal Corona

Ngopibareng Pasuruan

Desa Kebal Covid-19 artinya keluarga berdaya lawan covid-19.

26 May 2020 11:00 WIB

1 Positif Corona Warga Pasuruan Adalah OTG Dirawat di Sidoarjo

Ngopibareng Pasuruan

Ia adalah perempuan usia 40 tahun, warga Gempol.

25 May 2020 10:26 WIB

3 Kasus Baru Covid-19 di Pasuruan Kiriman dari Daerah PSBB

Ngopibareng Pasuruan

Tiga warga Pasuruan itu kiriman dari Surabaya, Sidoarjo, dan Malang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.