Pabrik Toyota di China dibuka kembali hari ini, Senin 17 Februari 2020. (Foto:Reuters)

Hari Ini Toyota Buka Kembali Pabriknya di China

Ekonomi dan Bisnis 17 February 2020 07:58 WIB

Perusahaan otomotif Jepang, Toyota Motor Corp akan melanjutkan kembali produksi kendaraan pada tiga pabrik yang berada di China, mulai hari ini, Senin 17 Februari 2020.

Dikutip dari Reuters, Senin, pada awalnya Toyota akan memulai kembali aktivitas perakitan mobil pada 3 Februari.

Tetapi Toyota menunda rencana itu dikarenakan wabah virus corona yang melanda China belum kunjung reda.

"Operasi di pabrik Toyota di Changchun, dan pabrik lain di Guangzhou, provinsi Guangdong, akan dimulai kembali pada hari Senin, sementara pabrik di kota pelabuhan China utara Tianjin akan melanjutkan operasi pada hari Selasa besok," kata Toyota.

Kendati demikian, untuk pabrik mereka yang berada di provinsi Sichuan di Chengdu, Toyota belum menetapkan untuk mulai produksi kembali.

Tidak hanya Toyota, produsen raksasa otomotif lainnya juga akan segera membuka pabrik mereka kembali seperti BMW, Ford, hingga Tesla.

Dilansir Reuters, Minggu, berikut daftar perusahaan otomotif yang akan segera memulai kembali produksi mereka di pabrik China:

- BMW mengatakan pabriknya di China direncanakan untuk memulai kembali produksinya pada Senin hari ini.

- Daimler berencana untuk melanjutkan produksi mobil penumpangnya di Beijing pada Senin.

- Fiat Chrysler mengatakan bahwa gangguan pada pasokan suku cadang dapat mengancam produksi di salah satu pabriknya di Eropa dalam dua hingga empat minggu. Sehingga pihaknya akan segera memulai lagi produksinya.

- Ford Motor berencana untuk melanjutkan produksi pada 10 Februari di pabrik-pabriknya di Chongqing dan Hangzhou dengan mitra usahanya, Chongqing Changan Automobile.

- General Motors  memulai kembali produksi di Cina pada Sabtu lalu.

- Honda  memulai kembali tiga pabriknya di Wuhan, yang beroperasi dengan Dongfeng Motor Group pada Kamis lalu. Honda juga mengatakan tidak ada masalah rantai pasokan yang akan menghambat produksi.

- Hyundai Motor dan adik perusahaan Kia Motors secara bertahap  meningkatkan produksi di Korea Selatan dari 11 Februari.

- Nissan Motor mengatakan pihaknya mempertimbangkan  memulai kembali produksi di China dalam usahanya dengan Dongfeng sekitar 10 Februari. Lebih lanjut, produksi di Hubei akan mulai sekitar 14 Februari. Sebelumnya, penjualan Nissan di China turun 11,8 persen pada Januari.

- PSA Peugeot Citroen yang sedang dalam proses penggabungan dengan Fiat, mengatakan pada 31 Januari tiga pabriknya di Wuhan  tetap ditutup hingga 14 Februari.

- Renault mengatakan bahwa unit Korea Selatannya, RSM, akan menangguhkan produksi di situs Busan selama empat hari dari 11 Februari karena gangguan rantai pasokan.

- Suzuki Motor Corp mengatakan bahwa pihaknya tengah mempertimbangkan pengadaan komponen kendaraan dari luar China karena wabah itu mengancam akan mengganggu produksi kendaraan di pasar terbesarnya, India.

- Pabrik Tesla di Shanghai  melanjutkan produksi pada 10 Februari dengan bantuan untuk mengatasi wabah, kata seorang pejabat pemerintah Shanghai pada 8 Februari.

- Volkswagen telah menunda memulai kembali produksi di sebagian besar pabrik di JV Cina dengan SAIC Motor dan pabrik JV Tianjin dengan FAW Group hingga Senin hari ini. Satu pabrik yang beroperasi dengan SAIC di Shanghai dan sebagian besar pabrik di FAW JV akan dimulai kembali pada 10 Februari. (ant/rtr)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Mar 2020 04:23 WIB

Tolak Monopoli Informasi Status Covid-19, AJI Sebarkan Petisi

Nasional

AJI galang dukungan transparansi informasi status covid-19.

30 Mar 2020 03:59 WIB

Banyuwangi Laporkan Kasus Pertama Infeksi Covid-19

Jawa Timur

Banyuwangi Umumkan Satu Pasien Positif Covid-19.

30 Mar 2020 02:15 WIB

Survei Sebut Prabowo Kinerjanya Paling Baik

Nasional

Lembaga survei Charta Politika  mempublikasikan hasil survei kinerja

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.