Penumpang KA di Stasiun Malang Kota Baru (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)

Hari ini Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru di Stasiun Malang

03 Jan 2021 14:48

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memprediksi bahwa pada hari ini, Minggu 3 Januari 2021 merupakan puncak arus balik libur tahun baru di Stasiun Malang Kota Baru. Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, mengatakan pada hari ini diperkirakan ada sebanyak 2.000 pengguna KA di Stasiun Malang Kota Baru.

"Khusus di stasiun malang, akan terjadi jumlah tertinggi hari ini dengan dua ribu penumpang. Paling tinggi penumpang terjadi pada 20 Desember 2021 sejumlah 1.989 orang," ujar Suprapto, Minggu 3 Januari 2021 melalui sambungan telepon seluler.

Suprapto menjelaskan, dari jumlah penumpang tersebut kebanyakan menggunakan perjalanan KA lokal dengan relasi Malang-Surabaya. Di samping itu, pihak PT KAI Daop 8 SUrabaya juga menambah dua perjalanan KA jarak jauh di momen puncak arus balik libur tahun baru ini.

"Khusus hari ini kami menambah dua perjalanan KA jarak jauh dengan relasi Malang-Gambir Jakarta dan relasi Surabaya Pasar Turi-Jakarta," tuturnya.

Untuk di Stasiun Malang Kota Baru sendiri, kata Suprapto, PT KAI Daop 8 Surabaya telah mengoperasikan sebanyak enam KA jarak jauh dan sebanyak 46 KA lokal selama momen liburan Natal dan tahun baru atau Nataru.

"Total untuk Stasiun Malang selama liburan Nataru dari tanggal 18 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021 ada sebanyak 27.691 orang penumpang," katanya.

Suprapto mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan jasa layanan transportasi KA agar selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku.

"Setiap pelanggan KA wajib untuk menerapkan dan mematuhi protokol (3M) yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," terangnya.

Guna memberikan pelayanan lebih baik, selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2021, seluruh jajaran PT KAI Daop 8 Surabaya juga mendirikan posko pelayanan di semua stasiun yang ada di Jawa Timur.