Hari Ini Presiden Melihat Kondisi Taman Nasional Komodo

11 Jul 2019 07:34 Nasional

Mengawali hari kedua kunjungan kerjanya ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis, 11 Juli 2019, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara, Iriana, menuju Pulau Rinca.

Presiden dan rombongan bertolak dari dermaga hotel tempatnya menginap dengan menggunakan kapal cepat  pukul 08.00 WITA.

Pulau Rinca terletak di sebelah barat Pulau Flores, yang dipisahkan oleh Selat Molo. Pulau Rinca beserta Pulau Komodo dan Pulau Padar merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat.

Presiden ingin melihat kondisi Taman Komodo sebenarnya yang sempat diisukan akan dititup.

Setelah meninjau Pulau Rinca, Presiden dan rombongan akan menumpangi kapal cepat untuk kembali ke Labuan Bajo. Dari Dermaga Philemon Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Presiden akan langsung meninjau rencana pengembangan pelabuhan tersebut.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menekankan pentingnya pembangunan infrastukrur untuk penataan kawasan wisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Dengan kawasan wisata yang semakin tertata dengan baik, diharapkan Labuan Bajo dapat menjadi destinasi wisata premium yang menarik minat  turis mancanegara. 

"Segmentasi yang ditarget di Labuan Bajo berbeda dengan di Manado, sebab di sini segmentasinya premium. Untuk itu penataan kawasan di Labuan Bajo ini penting sekali," kata Presiden Jokowi usai meninjau lokasi rencana penataan kawasan Puncak Waringin, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, sesuai rilis yang diterima ngopibareng.id, Rabu 10 Juli 2019. 

Usai santap siang, Presiden juga diagendakan akan menuju kawasan Batu Cermin, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, untuk melakukan peninjauan. Pada sore harinya, Presiden akan menuju Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, untuk lepas landas kembali ke Jakarta.(asm)

 

 

Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini