Lebaran Pertama, Suramadu Terpantau Lancar

05 Jun 2019 23:00 Mudik

Arus lalu lintas di Jembatan Suramadu terpantau aman, lancar, tanpa ada antrean atau lonjakan pengguna kendaraan yang masif.

Kapolres Tanjung Perak, AKBP Antonius Agus Rahmanto, Rabu 5 Juni 2019 mengatakan situasi lalu lintas dari dan menuju Pulau Madura tak memiliki kendala yang harus ditangani secara khusus.

"Usai shalat Id saya sudah cek ke lokasi sampai sore tadi masih aman dan lancar," katanya.

Menurut Agus, lancarnya Suramadu tak lain karena kebijakan yang diambil oleh Presiden Joko Widodo yang membebaskan tarif untuk pengguna kendaraan yang melewati jembatan Suramadu.

Selain itu, faktor kebiasaan orang Madura untuk mudik yang berbeda dengan masyarakat pada umumnya juga mempengaruhi kepadatan di Suramadu.

"Orang Madura itu kalau mudik pas lebaran gini ya berangkatnya hari H lebaran habis unjung-unjung di kerabat yang di Surabaya atau malah H+1 baru berangkat ke Madura. Makanya tidak terlalu ramai," kata Agus.

Agus mengungkapkan, masyarakat Madura yang merantau ke Pulau Jawa, kebanyakan akan mudik pulang ke desa mereka pada lebaran Ketupat dan Idul Adha, bukan saat Hari Raya Idhul Fitri.

"Nanti pas lebaran Ketupat itu padat sekali, makanya sekarang pengamanan kami tidak terlalu banyak ya karena memang sama seperti hari-hari biasa," katanya.

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini