Hari Bumi, ilmuwan ingatkan agar para pembuat keputusan di dalam pemerintahan tak mengabaikan sains. (Ilustrasi Google)
Hari Bumi, ilmuwan ingatkan agar para pembuat keputusan di dalam pemerintahan tak mengabaikan sains. (Ilustrasi Google)

Hari Bumi di Tengah Pandemi, Ilmuwan Minta Jangan Abaikan Sains

Ngopibareng.id Teknologi dan Inovasi 23 April 2020 23:10 WIB

22 April 1970, dunia merayakan Hari Bumi yang pertama kalinya. Tahun ini, Hari Bumi yang ke 50, penduduknya memperingati dalam pandemi covid-19.Para ahli menyebut kondisi pandemi di tahun ini akibat pemerintah di dunia yang abai terhadap ilmu pengetahuan.

"Pandemi menyediakan bukti sebuah konsekuensi nyata dari pemerintahan yang mengabaikan sains," kata aktivis lingkungan dan ahli biologi lautan, Rick Steiner.

Abai terhadap pengetahuan bisa menempatkan bumi pada risiko yang sama, yaitu perjumpaan dengan banyak penyakit zoonosis, seperti covid-19.Sebab menurut Senator di Amerika Serikat, Tom Udall, selama ini ilmuwan mengingatkan manusia jika upaya perusakan terhadap alam, habitat dan batas alam antara manusia dan kehidupan alam liar, akan menyebabkan meningkatnya penyakit zoonosis.

Dalam rangkaian Hari Bumi, ia juga meyakinkan jika manusia terus melakukan tindakan yang menyebabkan perubahan iklim maka krisis kesehatan yang disebabkan covid-19 hanya akan menjadi awal dari serangkaian krisis lainnya.

John Opperman, Eksekutiv Direktur dari Inisiatif Hari Bumi mengatakan "pengabaian terhadap sain dan fakta dasar akan membunuh manusia. Langkah itu memperbesar epidemi dan menjauhkan dari jawaban atas masalah perubahan iklim," katanya.

Di Hari Bumi, ilmuwan perubahan iklim asal Texas Katherine Haydoe menambahkan jika pandemi telah mengajarkan manusia untuk mengetahui hal yang paling penting, yaitu kesehatan dan keamanan keluarga, serta komunitas manusia di dunia.

"Inilah yang dibawa oleh pandemi. Hal yang sama juga jadi ancaman dari perubahan iklim. Maka hanya itu yang harus kita pedulikan, peduli pada perubahan iklim artinya pedulia pada kehidupan manusia di  bumi," katanya, dialihbahasakan dari USA Today.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Dec 2020 21:50 WIB

Debat Tahap III, Er-Ji Unggul dan Mumpuni

Pilkada

Mereka dianggap paling paham permasalahan kota.

05 Dec 2020 21:38 WIB

Bantuan BNPB Diduga Disalahgunakan, LSM Lapor ke Bawaslu

Pilkada

Bantuan BNPB diduga disalahgunakan.

05 Dec 2020 21:20 WIB

Membaca Jawa Timur Melalui Film Pendek

Seni dan Budaya

Ini merupakan rangkaian dari Jatim Art Forum.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...