Tampilan Google Doodle merayakan Hari Ayah Nasional. (Foto: Google)
Tampilan Google Doodle merayakan Hari Ayah Nasional. (Foto: Google)

Hari Ayah, Google Doodle Rayakan dengan Kartu Ucapan Digital

Ngopibareng.id Nasional 12 November 2020 17:59 WIB

Tanggal 12 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Google pun ikut merayakan hari spesial untuk para Ayah di Indonesia dengan menampilkan doodle khusus.

Saat membuka laman Google.com hari ini, akan muncul doodle berupa aneka pernak-pernik untuk membuat kartu ucapan digital, seperti kertas, pensil warna, gunting, dan amplop. Saat meng-klik tombol play di tengah, Anda akan diajak untuk membuat kartu ucapan untuk ayah.

Cukup pilih pernak-pernik yang ada di sisi bawah, yang ingin ditempelkan ke kartu ucapan. Setelah selesai membuatnya, klik "send" untuk membuat kartu ucapan Hari Ayah Nasional. Pengguna bisa membagikan cara membuat kartu ucapan digital lini via Twitter, Facebook, dan E-mail.

Sejarah Hari Ayah

Momen peringatan Hari Ayah Nasional di Indonesia berbeda dengan sebagian besar negara di dunia yang memperingatinya pada hari Minggu di pekan ketiga bulan Juni. Peringatan Hari Ayah Nasional di Indonesia baru dimulai sejak tahun 2016 lalu atas prakarsa Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Inisasi hari Ayah Nasional dimulai saat merayakan Hari Ibu dengan mengadakan Lomba Menulis Surat untuk Ibu tahun 2014. Saat itu, peserta lomba menyeletuk kapan lomba menulis surat untuk Hari Ayah diadakan.

Akhirnya, deklarasi Hari Ayah Nasional di Surakarta digelar pada 12 November 2016. Di hari dan jam yang sama, deklarasi serupa juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Deklarasi tersebut digabungkan dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan "Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”.

Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku Kenangan untuk Ayah yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah. Usai deklarasi, mereka mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta Bupati Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote.

Sejak saat itulah, setiap tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional. Selamat Hari Ayah untuk seluruh Ayah di Indonesia.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Mar 2021 21:00 WIB

Atasi Stunting, Mahasiswa UB Ciptakan Biskuit Berbahan Ulat

Pojok Unibraw

Ulat sangat dibutuhkan bagi masa tumbuh kembang anak.

03 Mar 2021 20:45 WIB

Jumlah Tes PCR Meningkat, Rerata Positif Covid Indonesia Turun

Reportase

Terdapat tambahan 6.808 kasus per Rabu, 3 Maret 2021.

03 Mar 2021 20:15 WIB

Kartika Ajie Hengkang, Teguh Amirudin jadi Kiper Utama Arema FC

Liga Indonesia

Sudah ada lima pemain yang hengkang dari Arema FC.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...